banner 468x60 banner 468x60

Resep Tongseng Ayam Sederhana, Bikin Lidah Mati Gaya!

  • Bagikan
Resep Tongseng Ayam. suara.com
Resep Tongseng Ayam. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ingin membuat tongseng enak dan gurih bisa! Membuat Tongseng tak melulu pakai daging kambing. Faktanya, tongseng ayam juga nikmat dan menggugah selera lho.

Tongseng ayam paling nikmat jika disantap dengan nasi liwet yang masih hangat. Kalau bisa membuat tongseng ayam sendiri di rumah, rasanya hidup kita jadi lengkap deh.

Resep sederhana ini pastinya bikin lidah mati gaya saking enaknya. Yuk, ikuti resep tongseng ayam dari YouTube CR Cook, dikutip Suara.com, di bawah ini.

Bahan-bahan Tongseng Ayam

500 gram daging ayam
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
Sedikit kunyit
Sedikit jahe
Daun salam
Sereh
Lengkuas
Tomat
Kol
Daun bawang
Cabe rawit
Kecap manis
Santan instan (sedikit aja)

Cara membuat Tongseng Ayam

  • Ambil dua siung bawang merah diiris tipis-tipis, sisanya nanti dihaluskan. Potong juga cabe rawitnya sebanyak sesuai selera. Bumbu yang sudah dipotong disisihkan dahulu, kita haluskan bawang merah, bawang putih, dan ketumbar, masukkan juga kunyit dan jahe ke dalam blender.
  • Setelah dihaluskan kita tumis. Kita tumis dulu bawang merah dan cabai yang sudah diiris sampai layu baru ditambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan juga sereh, lengkuas, dan daun salam. Tumis lagi sampai tercium aroma harum.
  • Langkah selanjutnya dari resep tongseng ayam yang tak boleh dilewatkan kalau bumbu sudah matang dan harum adalah menambahkan daun jeruk kalau Anda memiliki persediaan.
  • Masak bumbu sampai sudah tanak, baru ayam yang sudah dipotong-potong dimasukkan, dimasak sampai ayam berubah warna. Kalau sudah berubah warna, tambah air, aduk-aduk, biarkan air sampai mendidih dan air sedikit menyusut.
  • Tambahkan bumbu garam, gula pasir, kecap manis, lalu aduk-aduk lagi. Masak sampai ayam benar-benar matang dan empuk. Jangan lupa masukkan santan instannya. Agar bisa memastikan rasanya sudah pas atau belum boleh dicicipi.
  • Ketika ayam sudah empuk, masukkan kol, tomat, daun bawang, dan cabe rawit utuh atau tidak dipotong-potong. Kalau sudah aduk-aduk dan masak sebentar. Kalau teman-teman lebih berselera sayuran matang, maka masak sampai sayuran layu.

Oke, tongseng daging ayamnya sudah jadi. Anda bisa menikmatinya sekarang. Oh ya jangan lupa untuk tambahkan bawang goreng ya, itu bisa meningkatkan aroma harumnya dan juga cita rasanya.

Demikian resep tongseng ayam dari CR COOk. Anda juga bisa menyimak cara membuatnya di channel Youtube CR COOK secara langsung. Selamat mencoba!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: