banner 468x60 banner 468x60

Tokoh Pemuda : Sambut PLBN, Masyarakat Perbatasan Harus Dibekali Pelatihan UMKM

  • Bagikan
Tokoh Pemuda Kabupaten Bengkayang, Lipus. dok
Tokoh Pemuda Kabupaten Bengkayang, Lipus. dok

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Tokoh Pemuda Kabupaten Bengkayang, Lipus mengharapkan masyarakat perbatasan gencar dibekali pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sambut PLBN Jagoi Babang.

Ini wajib dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dikala pandemi dan memanfaatkan peluang usaha saat PLBN telah diresmikan.

Lipus mengatakan, pelatihan UMKM berdampak besar mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Hal itu karena perekonomian Indonesia didominasi oleh sektor UMKM, informal dan dua sektor tersebut juga yang paling terdampak Covid-19.

“Terlebih ketika zona merah, membuat hasil penjualan turun secara drastis akibat anjuran di rumah saja,” katanya, Senin (27/9/2021).

Tak hanya itu katanya, pelatihan-pelatihan UMKM bagi masyarakat perbatasan juga sangat penting digencarkan. Sebab, rencana PLBN Jagoi Babang diresmikan tahun depan. Untuk itu masyarakat harus sudah siap, agar tak kaku dan bisa mengembangkan potensi yang ada.

“Harapan kami sebagai pemuda, masyarakat tak hanya jadi penonton saja. Dan lapangan pekerjaan bagi pemuda terbuka lebar,” ungkapnya.

Diriya menginginkan, para pelaku usaha nantinya akan membawa efek berantai terhadap perekonomian perbatasan.

“Tentu mampu menjadi pemicu sekaligus penggerak roda perekonomian di Kabupaten Bengkayang,’ ujarnya.

Ketua Pemuda Dayak Kabupaten Bengkayang ini berharap, pemerintah daerah dan dinas terkait segera berinovasi dan melakukan upaya dalam memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Mereka harus diajarkan, dibina agar terus berkembang dan memanfaatkan peluang usaha kedepannya. Ketersediaan lapangan pekerjaan itu yang kita harapkan, dan masyarakat perbatasan mampu mandiri. Untuk Kabupaten Bengkayang tumbuh dan berkembang,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: