banner 468x60 banner 468x60

Harus Tahu! 5 Makanan Ini Miliki Prebiotik Tinggi, Baik untuk Kesehatan Pencernaan dan Usus

  • Bagikan
Ilustrasi makanan sehat (suara.com)
Ilustrasi makanan sehat (suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukah kalian bahwa mengkonsumsi makanan dengan kandungan prebiotik tinggi bisa membantu pencernaan.

Faktanya, makanan dengan prebiotik adalah jenis makanan yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan. Baik itu membantu pencernaan hingga bisa cegah penyakit radang usus.

Ada perbedaan antara prebiotik dan probiotik. Prebiotik adalah zat yang membantu memberi bakteri baik lewat makanan yang dikonsumsi, yang dampaknya baik untuk kesehatan usus.

Sedangkan probiotik mengacu pada bakteri sehat yang sudah ada di usus. Bakteri sehat ini akan tumbuh dan berkembang, jika Anda mengonsumsi makanan seperti sehat seperti kimchi dan beberapa suplemen tertentu.

Melansir dari Insider, dikutip Suara.com, ada lima makanan yang mengandung prebiotik yang baik untuk kesehatan Anda. Apa saja? Berikut daftarnya!

Apel

Satu apel mengandung lima gram sehat, serta kaya akan pektin yang dapat meningkatkan kesehatan usus. Fakta ini diungkap lewat studi pada tahun 2015, yang menyatakan bahwa apel memiliki sifat penurun kolesterol yang meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Pisang

Satu buah pisang mengandung sekitar dua gram serat sebesar tujuh persen. Selain itu, pisang mengandung berbagai serat, salah satunya prebiotik fruktooligosakarida.

Selain baik untuk mikroba usus, pisang juga mengandung sumber potasium yang baik, di mana kandungan ini baik untuk kontraksi otot.

Bawang

Satu bawang mengandung sekitar 1,2 gram sebesar empat persen. Bawang juga mengandung sumber FOS dan inulin, yakni sejenis serat yang dapat membantu bakteri baik untuk kesehatan usus.

Fakta ini diungkap lewat studi meta-analisis pada 2015, bahwa mengonsumsi makanan dengan campuran bawang dapat mengurangi risiko dari kanker lambung.

Daun bawang

Satu daun bawang mengandung 1,6 gram serat sebesar enam persen. Selain itu, daun bawang mengandung sumber inulin, yang disebut dapat mencegah komplikasi gastrointestinal seperti sembelit.

Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber makanan yang mengandung serat serta karbohidrat, di mana hal ini baik untuk kesehatan usus Anda.

Fakta ini telah diungkap lewat penelitian kecil pada tahun 2016, di mana mengonsumsi 60 gram bubur oatmeal setiap hari, dapat meningkatkan efek positif pada mikroba usus.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: