banner 468x60 banner 468x60

Pecinta Kucing Merapat! Ini Dia 5 Tips Naikan Berat Badan Kucing Biar Makin Gembul

  • Bagikan
Kucing. suara.com
Kucing. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Hewan peliharaan pastinya akan disayang. Memeliharanya pun butuh waktu, tenaga dan uang lebih. Nah, bagi kalian pecinta Kucing akan sangat khawatir jika si imut itu turun berat badan.

Biasanya fokusnya pada obesitas kucing. Namun banyak kucing yang berjuang karena kekurangan berat badan. Seperti menurunkan berat badan, menambah berat badan juga tidak mudah bagi kucing.

Simak tips dan cara menaikkan berat badan kucing dengan sehat biar gembul dan gendut seperti dilansir dari laman PETMD, dikutip Suara.com.

Penyebab Kucing Susah Naik Berat Badan

Pertama, kamu harus mencari tahu mengapa berat badan kucing turun, untuk menentukan tindakan yang membantu kucing kembali ke berat badan yang sehat dengan aman.

Parasit usus
Penyakit ginjal
Hipertiroidisme
Diabetes
Penyakit gigi
Penyakit saluran pencernaan
Paru-paru
Sakit kronis
Kanker

Tips Membantu Kucing Menambah Berat Badan

Mengatasi masalah kesehatan yang mendasarinya, memilih makanan yang tepat dan mencari tahu berapa banyak porsi makan kucing sangat penting..

Berikut adalah beberapa tips menaikkan berat badan kucing dengan aman.

1. Beri Makan, Sering Makan

Perut kucing hanya seukuran bola pingpong. Jadi wajar jika kucing kamu tidak akan makan banyak sekaligus.

Apakah kucing kamu lebih suka makanan basah, makanan kering atau keduanya, cobalah memberi makan satu sendok makan setiap beberapa jam.

Makanan kecil dan teratur ini lebih baik ditoleransi daripada makanan besar dan dapat mengurangi risiko muntah setelah makan.

2. Cobalah Makanan Basah yang Dipanaskan

Rangsang kucing untuk makan dengan mencium bau makanannya. Makanan basah yang dipanaskan dapat membantu membuat makanan lebih beraroma dan menarik bagi kucing kamu.

Untuk memanaskan makanan kucing, masukkan makanannya ke dalam mangkuk tahan microwave dan masukkan ke microwave selama beberapa detik. Suhu optimal berada pada, atau mendekati, suhu tubuh mereka—38,5 °C (101,5 °F).

3. Tawarkan Camilan yang Tepat di Sela Waktu Makan

Camilan sehat di sela-sela waktu makan dapat membantu menaikkan berat badan kucing kamu. Cobalah menggoda kucing kamu dengan beberapa gigitan dari ayam beku-kering berprotein tinggi, seperti makanan kucing, dada ayam mentah beku-kering di antara sela waktu makan.

4. Kurangi Kecemasan Kucing

Kucing yang bahagia cenderung memiliki nafsu makan yang baik. Kucing kamu kemungkinan akan makan lebih baik jika kamu memberi mereka ruang bebas untuk bergerak.

5. Konsultasi dengan Dokter Hewan Tentang Obat Penambah Nafsu Makan

Ada beberapa obat yang tersedia dari dokter hewan yang dapat membantu merangsang nafsu makan kucing kamu. Sekitar satu jam minum obatnya, kucing kamu akan merasakan keinginan untuk makan.

Kamu bahkan bisa mendapatkan obat dalam bentuk transdermal (tambalan atau gel untuk kulit atau gusi), sehingga kamu tidak perlu memberikan pil.

Nah itulah beberapa tips menaikkan berat badan kucing yang bisa kamu terapkan untuk membantu kucing tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: