banner 468x60 banner 468x60

Pertama di Dunia! Mumi Mesir Direkonstruksi dengan Data Genetik

  • Bagikan
Rekonstruksi wajah sebelum jadi mumi. [Parabon-nanolabs]
Rekonstruksi wajah sebelum jadi mumi. [Parabon-nanolabs]

PONTIANAK, insidepontianak.com – Perkembangan teknologi maju memudahkan sejumlah penemuan terungkap lebih cepat. Terbaru, teknologi pengurutan DNA baru, memberi kita pandangan sekilas tentang seperti apa rupa manusia purba, sebelum mereka menjadi mumi.

Peneliti genetika telah mengungkapkan rendering tiga dimensi yang sangat rinci dari wajah tiga lelaki Mesir yang hidup lebih dari 2.000 tahun lalu.

Penelitian ini menggunakan DNA yang diambil dari sisa-sisa mumi mereka.

Rekonstruksi digital menunjukkan lelaki berusia 25 tahun, yang ditemukan di sekitar kota Mesir kuno Abusir el-Meleq, di selatan Kairo.

Para ilmuwan memperkirakan mereka masing-masing dikubur sekitar tahun 1380 SM dan 425 M, sebagaimana melansir dari Live Science, dikutip Suara.com, Selasa (28/9/2021).

DNA mereka sebelumnya diurutkan pada 2017 di institut Max Planck di Jerman, pada saat itu, rekonstruksi genom mumi Mesir pertama yang berhasil dalam sejarah.

Sejak itu, para peneliti di Parabon NanoLabs di Reston, Virginia telah menggunakan fenotip DNA forensik untuk membuat model 3D wajah lelaki.

Hal ini merupakan sebuah proses di mana data genetik digunakan untuk memprediksi fitur wajah dan karakteristik fisik lainnya dari mumi sampel.

“Ini adalah pertama kalinya fenotip DNA komprehensif dilakukan pada DNA manusia seusia ini,” kata Parabon dalam sebuah pernyataan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: