banner 468x60 banner 468x60

Teluk Kapuas Satu-satunya Desa Kalimantan Raih Penghargaan Implementasi Keterbukaan Informasi

  • Bagikan

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Bupati Kubu Raya Muda Mehendrawan bersama Kepala Desa Teluk Kapuas Abdul Halim menghadiri kegiatan Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik kepada 10 desa terbaik dari se Indonesia, pada peringatan Hari Hak untuk Tahu (International Right to Know Day) Internasional, di Indonesia Convention Exhibition BSD City, Tangerang Selatan, Selasa (28/9/2021).

Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya menjadi satu dari 10 desa terbaik di Indonesia yang meraih penghargaan dalam hal Implementasi Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat (KIP), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kominfo RI.

Desa Teluk Kapuas merupakan satu-satunya desa di Kalimantan Barat bahkan di Pulau Kalimantan yang meraih penghargaan ini. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua KIP Gede Narayana didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar kepada Kepala Desa Teluk Kapuas Abdul Halim didampingi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengaku bangga, karena Desa Teluk Kapuas mewakili Kubu Raya, mewakili Kalimantan Barat, bahkan mewakili Pulau Kalimantan bisa meraih penghargaan  menjadi 1 dari 10 desa terbaik seluruh Indonesia untuk implementasi keterbukaan informasi publik.

“Dari 74.961 desa di seluruh Indonesia, masuk 10 besar, itu suatu lompatan yang luar biasa, semoga ini menjadi semangat untuk menularkan kepada desa yang lain di Kubu Raya,” kata Muda Mahendrawan, di Tangerang Selatan, Selasa (28/9/2021).

Muda menjelaskan, di Kubu Raya dengan tata kelola yang diperjuangkan secara transparans yakni dengan sistem tata kelola keuangan non tunai (CMS), siskeudes online, pengelolaan informasi website desa, sistem informasi desa yang juga mengarah pada sistem geospasial membuat Kabupaten Kubu Raya menjadi lebih transparan dalam tata kelola keuangan.

“Desa Teluk Kapuas tentu akan menjadi model bagi desa-desa lain di Kubu Raya, bahkan Kalimantan Barat,” kata Muda.

Kepala Desa Teluk Kapuas Abdul Halim mengatakan, berkaitan dengan keterbukaan informasi publik Pemerintahan Desa Teluk Kapuas selalu transparan , mulai dari RPJMDes, RKPDes serta APBDes.

“Itu semua kita upload di dan kita tayangkan supaya masyarakat tau. Kita juga membuat kalender dan dibagikan ke masyarakat. Jadi, APBDes dan realisasi APBDes itu masyarakat tau, pembangunan apa saja yang sudah dilakukan masyrakat juga tau,” ujar Abdul Halim.

Abdul Halim menambahkan program Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terkait transaksi nontunai atau Cash Management System (CMS) sangat membantu mempermudah Pemerintah Desa Teluk Kapuas dalam mengelola keuangan desa.

“Penerapan CMS juga salah satu yang membuat Desa Teluk Kapuas mendapatkan penghargaan. Hanya Kabupaten Kubu Raya yang menerapkan CMS untuk tata kelola keuangan desa,” tuturnya. (jek)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: