banner 468x60 banner 468x60

158 Peserta Ikuti MTQ ke V Tingkat Kabupaten di Pulau Maya

  • Bagikan
Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, saat memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan MTQ di Kecamatan Pulau Maya, Senin (27/9/2021). (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – 158 peserta siap mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke V tingkat Kabupaten Kayong Utara.

MTQ tingkat Kabupaten yang diselenggarakan 2 tahun sekali ini sekaligus ajang seleksi untuk memilih qori/qori’ah serta hafiz/hafizah yang terbaik yang akan mewakili Kayong Utara pada kegiatan MTQ di tingkat Provinsi Kalimantan Barat nantinya.

“Dalam MTQ V ini bagi peserta yang berhasil menjadi yang terbaik (menang) pada ajang perlombaan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara ini akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Kayong Utara dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sintang pada bulan November 2021 mendatang,” ujar Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ di Kecamatan Pulau Maya, Senin (27/9/2021).

Effendi juga mengatakan MTQ Kabupaten Kayong Utara pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009 di Kecamatan Sukadana, MTQ ke dua di Kecamatan Simpang Hilir tahun 2011, MTQ yang ke tiga di Kecamatan Teluk Batang tahun 2013 dan MTQ ke empat kembali diselenggarakan di Kecamatan Sukadana pada tahun 2015.

“setelah itu sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara absen atau tidak diselenggarakan lagi, namun pada tahun 2021 ini MTQ ke V (lima) Tingkat Kabupaten Kayong Utara dapat dilaksanakan kembali yaitu di Desa Satai Lestari Kecamatan Pulau Maya,” Tutur Effendi.

Effendi juga mengucapkan terimakasih atas dukungan oleh semua pihak atas terselenggaranya kegiatan MTQ V di Kecamatan Pulau Maya tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah serta selaku Ketua LPTQ Kabupaten Kayong Utara, Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan turut serta dalam membantu untuk mensukseskan penyelenggaraan MTQ V Tingkat Kabupaten Kayong Utara yang diselenggarakan di Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya ini dan mudah-mudahan semua itu menjadi amal ibadah kita semua,” ucap Effendi.

Kemudian untuk pelaksanaan MTQ ke VI (enam) Tingkat Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2023, Wabup Effendi mengusulkan ke Bupati Citra Duani agar menunjuk salah satu dari dua Kecamatan yang belum pernah menjadi penyelenggara kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara yaitu Kecamatan Seponti dan Kecamatan Kepulauan Karimata.

“Pada kesempatan ini, Saya juga mengusulkan ke Bapak Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani untuk memilih salah satu kecamatan yang akan menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ ke enam Tingkat Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2023 mendatang yaitu Kecamatan Seponti dan Kecamatan Kepulauan Karimata karena dua kecamatan tersebut belum pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara,” timpalnya. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: