banner 468x60 banner 468x60

6 Tingkat Kematangan Steak, yang Mana Favorit Mu?

  • Bagikan
Ilustrasi steak ala meksiko. (Pixabay/Lum3n)
Ilustrasi steak ala meksiko. (suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Selama ini orang awam tahunya steak itu matang saja tapi tahukah kamu bahwa steak memiliki tingkat kematangan yang beragam?

Dilansir dari laman spar.co.uk, dikutip Suara.com, setidaknya ada enam tingkat kematangan steak yang dikategorikan berdasar suhu, tekstur, warna dan rasanya. Keenam tingkatan itu adalah bleu, rare, medium rare, medium, medium well, dan well done.

Jika orang Barat cenderung menyukai tingkat kematangan medium atau medium rare, maka orang Indonesia justru menyukai tingkat kematangan medium well atau bahkan welldone.

Nah, kra-kira mana tingkat kematangan steak favorit mu?

1. Bleu steak

Bleu steak merupakan tingkat kematangan tradisi bangsa Prancis. Cara memasak steak satu ini dilakukan dengan di bawah suhu tinggi dalam waktu yang sangat singkat, dan hanya digunakan untuk membakar bagian luar saja.

Tampilan daging bleu steak masih akan terlihat sangat merah dan matang di bagian luar saja. Steak ini mungkin sedikit tidak cocok untuk kamu yang menyukai tingkat kematangan sempurna. Namun, kerenyahan di luar dan kelembutan daging inilah yang menjadi daya tarik bleu steak.

2. Rare steak

Untuk mendapatkan tingkat kematangan rare yang sempurna, kamu bisa memasak setiap sisi steak selama kurang lebih dua menit.

Tambahkan beberapa detik untuk membuat bagian tepi menjadi sedikit lebih kering. Hal ini juga dilakukan untuk mendapatkan 75% bagian dalam daging masih merah dengan sedikit darah masih mengalir.

3. Medium rare steak

Cara mendapatkan tingkat kematangan medium rare pada steak dapat kamu lakukan dengan membakar 3,5 menit pada setiap sisinya.

Ciri khas medium rare steak adalah bagian dalam daging yang terlihat setengah merah muda, setengah berwarna coklat.

Medium rare steak cocok disajikan dengan sayuran segar, seperti tomat, kacang polong, dan paprika.

4. Medium steak

Tingkat kematangan satu ini cukup populer di Indonesia. Untuk mencapai tingkat kematangan ini adalah memasak setiap sisi selama 4 menit pada setiap sisinya.

Pada tingkat kematangan ini, steak masih terasa cukup juicy pada bagian dagingnya dan terdapat sedikit strip merah muda pada bagian tengah yang tidak lebih dari 25%.

5. Medium well steak

Semakin tinggi tingkat kematangan daging, maka semakin lama pula waktu untuk memasaknya. Untuk memperoleh kematangan sempurna pada medium well steak, kamu memerlukan waktu setidaknya lima menit pada setiap sisinya.

Warna merah muda umumnya masih terlihat samar pada bagian dalam daging namun sudah tidak memiliki juice sama sekali. Daging bagian luarnya pun sudah cukup keras, namun pada bagian dalam masih cukup empuk.

6. Well done steak

Tingkat kematangan satu ini merupakan tingkat kematangan tertinggi pada steak. Untuk mendapat tingkat kematangan ini kamu memerlukan waktu setidaknya enam menit untuk memanggang tiap sisinya.

Ini merupakan salah satu tingkatan yang paling disukai orang Indonesia, meskipun bagian luarnya cukup keras saat digigit.

Demikian enam tingkat kematangan daging yang bisa kamu pilih. Tentu saja, pilihan masing-masing tetap tergantung selera, ya!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: