banner 468x60 banner 468x60

Paolus Hadi Buka Buka MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau

  • Bagikan
Bupati Sanggau menerima Piala Bergilir Bupati Sanggau dari Kecamatan Meliau yang menjuarai MTQ sebelumnya untuk selanjutnya diserahkan kepada Camat Balai pada pembukaan MTQ XXIX tingkat Kabupaten Sanggau di lapangan Glora Tiong Kandang, Kecamatan Balai. (Istimewa)

SANGGAU, insidepontianak.com – Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Kabupaten Sanggau di lapangan Glora Tiong Kandang, Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa (28/9/2021).

Tampak hadir, Ketua LPTQ Provinsi Kalbar Brigjen Pol (Purn) Andi Musa, Pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ketua LPTQ Kabupaten Sanggau H Roni Fauzan, Plt Kakan Kemenag Sanggau Mustaan, Ketua Pengadilan Agama Sanggau Nana, Ketua Umum Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS) Yuvenalis Krismono, para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sanggau, para camat, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta tokoh pemuda dan paguyuban.

Dalam sambutannya, Bupati Sanggau dua periode ini memuji kekompakan warga Balai (Batang Tarang) dalam menyukseskan festival keagamaan yang bertujuan membumikan ajaran Alquran dan menegakkan syiar Islam itu.

“Meskipun MTQ merupakan gawai umat muslim, tetapi semua agama dan semua etnis yang ada di Balai Batang Tarang bahu membahu menyukseskan acara ini. Kekompakan ini yang harus dicontoh oleh kecamatan lain. Dan saya tahu, semua etnis di sini kompak. Inilah yang dimaksud dengan harmonis dalam keberagaman,” ujar PH.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau Poheng Gew dalam laporannya menyebut, ada 376 peserta termasuk official dan pelatih dari 15 kecamatan yang mengikuti pelaksanaan MTQ.

Lebih lanjut ia merinci, Kafilah Tayan Hulu sebanyak 26 orang, Kafilah Tayan Hilir sebanyak 30 orang, Kafilah Toba sebanyak 21 orang, Kafilah Entikong berjumlah 18 orang, Kafilah Kembayan 29 orang, Kafilah Mukok 30 orang, Kafilah Sekayam 28 orang. Kemudian, sambung Poheng, Kafilah Noyan 9 orang, Kafilah Kapuas 32 orang, Kafilah Meliau 37 orang, Kafilah Bonti 15 orang, Kafilah Beduai 16 orang, Kafilah Parindu 32 orang, Kafilah Jangkang 23 orang dan Kafilah Balai sebanyak 30 orang.

“Dari jumlah ini, yang melaksanakan pertandingan di Balai sebanyak 172 orang, sementara sisanya 204 orang bertanding di kota Sanggau. Untuk dewan hakim berjumlah 40 orang, 29 orang bertugas di kota Sanggau dan 11 orang bertugas di Balai,” pungkasnya. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: