banner 468x60 banner 468x60

Penyebaran Covid-19 di Perbatasan Jadi Prioritas Bupati Darwis

  • Bagikan
Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis. dok
Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis. dok

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis terus memantau perbatasan negara yang menjadi prioritas pemerintah pusat dalam penyebaran Covid-19 saat ini.

Bupati Darwis mengatakan, saat ini masih ditemukan masyarakat dan pelintas yang melalui jalan tikus di daerah perbatasan Jagoi Babang dari negara tetangga.

“Maka dari itu, setelah dilakukan karantina dan swab kebanyakan positif Covid-19. Tentu kita tetap mengontrol, karena saat ini yang menjadi atensi pusat adalah daerah perbatasan,” ungkapnya, Rabu (29/9/2021).

Darwis menginginkan, adanya atensi tersebut, selaras dengan pendistribusian dosis vaksin yang maksimal di daerah perbatasan termasuk Kabupaten Bengkayang.

Hal itu disebutnya, agar dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 terjadi. Herd Immunity masyarakat dapat diwujudkan secara merata.

Mengingat, cakupan persentase vaksinasi di Kabupaten Bengkayang masih jauh dari harapan, baru mencapai 14,33%.

Dirinya juga sudah menyampaikan kepada pemprov untuk sama-sama mengatasi permasalahan tersebut.

“Kita tetap jemput bola. Namun harus dapat prioritas terkait hal itu,” paparnya.

Dijelaskannya, saat ini Kabupaten Bengkayang berada pada kategori zona kuning, dengan urutan 14, dari 14 Kabupaten se-kalimantan Barat.

Dirinya juga diminta Satgas provinsi dan pusat untuk mempertahankan kategori zona tersebut agar tak turun menjadi zona orange.

Upaya yang dilakukan itu, seperti turun langsung ke sejumlah Rukun Tetangga (RT).

“RT adalah tatanan paling rentan,” ucapnya.

Ia menegaskan kepada Kepala Dinas Kesehatan, dan Satgas covid-19 tingkat kecamatan dan desa untuk memblokir serta melockdown jika terdapat zona merah di tingkat RT atau desa.

“Upaya tersebut merupakan cara ampuh saat ini untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bengkayang,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: