banner 468x60 banner 468x60

YIARI Gandeng POLITAP Gelar Pelatihan Pengolahan Nanas

  • Bagikan
OLAHAN - Yayasan Inisiasi Rehabilitasi Alam Indonesia (YIARI) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) menggelar pelatihan ke masyarakat dalam pengolahan nanas menjadi aneka produk olahan. (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Yayasan Inisiasi Rehabilitasi Alam Indonesia (YIARI) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) menggelar pelatihan ke masyarakat dalam pengolahan nanas menjadi aneka produk olahan sejak tanggal 27 sampai 28 September 2021, di Balai Dusun, Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang.

Sekitar 60 peserta yang terdiri dari, ibu-ibu petani nanas Desa Sungai Besar dan Desa Pematang Gadung yang merupakan desa dampingan YIARI antusias mengikuti pelatihan.

Bertindak sebagai trainer dari POLITAP dalam kegiatan ini adalah Ningrum Dwi Hastuti dan A. Nova Zulfahmi. Turut hadir pada acara pembukaan adalah Direktur Politeknik Negeri Ketapang Endang Kusmana

“POLITAP siap membantu untuk mendampingi desa binaan YIARI. Satu bentuk dukubgab dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan tersedianya mesin packaging yang bisa digunakan. Selain itu juga adanya sentral Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di POLITAP,” ungkap Endang Kusmana, Selasa (28/9/2021).

Koordinator Program Community Development YIARI Markolaus Sutopo menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen YIARI dalam mendampingi dan memberdayakan masyarakat sekitar kawasan hutan melalui peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan pelatihan pengolahan nanas menjawab kegelisaan petani disaat musim panen melimpah harga murah dan bahkan cenderung tidak laku dan pada akhirnya busuk sehingga buah nanas perlu dijadikan produk olahan supaya bisa disimpan lama dan dijual dengan harga yang lebih tinggi,” harapnya. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: