banner 468x60 banner 468x60

Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan: 3 Manfaat Penting yang Harus Kamu Tahu!

  • Bagikan
Brokoli dikenal sebagai salah satu makanan tinggi antioksidan. suara.com
Brokoli dikenal sebagai salah satu makanan tinggi antioksidan. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Makanan tinggi serat, nutrisi dan antioksidan sangat dianjurkan di masa Pandemi yang belum tuntas ini.

Faktanya, makanan yang mengandung nutrisi lengkap, terutama antioksidan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung, rambut dan meningkatkan imun.

Peran antioksidan dalam kesehatan sudah tak asing lagi didengar. Kamu dapat menemukan antioksidan dalam sayuran, buah – buahan, kacang – kacangan. Antioksidan juga bisa mengurangi stres lho. kamu bisa mengonsumsi blueberry, kacang – kacangan, bit, bayam, brokoli dan dark chocolate.

Penasaran kan kenapa harus menambahkan antioksidan ke dalam makanan diet? Yuk, simak alasannya yang dirangkum Suara.com, sebagai berikut :

1. Mengurangi peradangan

Mengurangi peradangan dalam tubuh dapat teratasi jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Sebuah penelitian dalam jurnal Antioksidan, membuktikan bahwa memakan buah beri dapat mengurangi peradangan.

Makan seperti gandung mengandung butirat, antioksidan yang mengurangi peradangan dalam tubuh dan juga mengurangi kembung pada perut.

Bahkan mengonsumsi dark chocolate dapat mengurangi paradangan lho. Makanan kaya antioksidan ini dapat memastikan tingkat peradangan dalam tubuh tidak meningkat.

2. Menangkal kerusakan radikal bebas

Seperti yang diketahui, kondisi peradangan misalnya seperti paparan sinar matahari yang berlebihan dan faktor stres seperti pekerjaan dapat merusak sel – sel kamu. hal tersebut menyebabkan radikal bebas yang sangat berbahaya untuk sel kamu.

Jika susah menghilangkan radikal bebas tentu kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi antioksidan dapat membantu sel – sel kamu terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh proses oksidasi.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Antioksidan memiliki kemanpuan untuk melindungi dari radikal bebas dan menjaga struktur sel agar tetap baik serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Antioksidan seperti beta karoten membantu melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, pernapasan, radang sendi dan diabetes. Terlebih lagi, antioksidan berupa Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan, rambut, dan kesehatan kulit.

Jadi jika kamu ingin melakukan diet, tambahkanlah makanan kaya akan antioksidan yang dapat memberikan kesehatan tubuhmu.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: