banner 468x60 banner 468x60

Lestarikan Kebudayaan Benda dan Non Benda, TP PKK Sekadau Gelar Penyuluhan di Desa Kumpang Ilong

  • Bagikan
TP PKK Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan penyuluhan tenntang peran pengrajin tenun ikat dalam Melestarikan Kebudayaan benda dan non benda, di ruang serba guna Desa Kumpang Ilong, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Rabu (29/9/2021). (Istimewa)

SEKADAU, insidepontianak.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan penyuluhan tenntang peran pengrajin tenun ikat dalam Melestarikan Kebudayaan benda dan non benda, di ruang serba guna Desa Kumpang Ilong, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Magdalena Susilawati Aron didampingi Kepala Bidang Budaya dan Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau Gunawan, serta Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluh dan Pergerakan Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Budi Mustika.

Pada kesempatan tersebut, Magdalena Susilawati Aron mengatakan kerajinan tenun saat ini sangat digalakkan  oleh Dekranasda dan pada saat ini di seluruh dunia negara-negara sedang mengklaim melalui Unesco yang mengakui bahwa kerajinan tenun itu berasal dari Malaysia.

“Jadi saat ini Indonesia sedang kebakaran jenggot, serta kami dari Dekranasda sudah diminta data-data siapa saja pengrajin dan motif apa saja yang dibuat dari hasil tenun kita sekarang,” kata Susi.

“Untuk ini kami meminta kepada Ibu Kades untuk mendata jenis atau motif apa saja yang ada di Desa Kumpang Ilong saat ini dengan menyertakan filosofinya,” katanya.

Ia juga menjelaskan jika kerajinan tenun masing-masing sudah memiliki hak paten maka bisa mengenalkan kepada masyarakat luar bahwa Kabupaten Sekadau mempunyai ciri khas kerajinan tenun tersendiri.

“Nanti saya akan meminta laporan dari Ibu Kades untuk selanjutnya disampaikan kepada kami terdapat motif-motif kerjainan tenun apa saja yang sudah diciptakan oleh pengrajin disini,” katanya.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan pertunjukan tarian adat dayak setempat oleh masyarakat desa kumpang ilong yang selanjutnya dilakukan peninjauan hasil kerajinan tenun yang dibuat langsung oleh masyarakat desa Kumpang Ilong.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa Kumpang Ilong, Ketua TP PKK Desa kumpang Ilong, beberapa Anggota TP PKK Kabupaten Sekadau serta para pengrajin tenun di Desa Kumpang Ilong Kecamatan Belitang Hulu. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: