banner 468x60 banner 468x60

Panen Raya Jagung, Bupati Darwis : Jagung Bakal Jadi Komoditas Andalan Daerah

  • Bagikan
Bupati Darwis panen tanaman jagung, selepas prosesi panen raya jagung nusantara secara virtual, di Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang. Kamis (30/9/2021). Ist
Bupati Darwis panen tanaman jagung, selepas prosesi panen raya jagung nusantara secara virtual, di Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang. Kamis (30/9/2021). Ist

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengikuti Panen Raya Jagung Nusantara. Panen raya dilaksanakan Kementerian Pertanian secara virtual, beserta 520 kepala daerah di Indonesia secara virtual yang terpusat di Kabupaten grobongan, Jawa Tengah, Kamis (30/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, terkait potensi dibidang pertanian, diantaranya ketahanan pangan dalam penopang daerah dan bangsa.

“Sektor pertanian merupakan salah satu sektor sumber kekuatan suatu bangsa sebagai penguat ekonomi negara,” ungkapnya.

Menteri Syahrul juga menyebut, Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu daerah yang subur di Kalbar. Sehingga potensi sektor pertanian terbilang cukup baik dan besar.

Terlebih, ditahun 2022 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan di resmikan. Dipastikan komoditas pertanian menjadi salah satu andalan daerah.

Sementara itu, dikatakan Bupati Darwis, Kabupaten Bengkayang merupakan satu dari 5 kabupaten di Kalbar yang mengikuti acara tersebut. Pihaknya berkesempatan berdialog langsung dengan Kementerian Pertanian.

Darwis menginginkan, tanaman jagung ke depan menjadi komoditas andalan Kabupaten Bengkayang. Didukung kontur tanah yang mendukung dan adanya PLBN Jagoi Babang menjadi nilai tambah ekspor-impor dalam daerah.

Ia menambahkan, pihak kementerian mendukung hal itu. Mereka pun akan memberikan beberapa jenis bantuan kepada seluruh daerah yang berpotensi menciptakan ketahanan pangan nasional.

“Bantuan tersebut berupa alsinta dan benih untuk kapasitas 1.000 hektare lahan,” tutupnya.

Diketahui Panen Raya Nusantara secara virtual tersebut juga didampingi Danlanud HHS Sanggau Ledo, Kadis Pertanian, Pangan dan Perkebunan, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Kapolsek, Danramil Sanggau Ledo. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: