banner 468x60 banner 468x60

Fraksi PAN DPRD Kalbar Sebut Pemprov Belum Optimal Kelola Aset

  • Bagikan
Ritaudin
Juru bicara Fraksi PAN DPRD Kalbar, Ritaudin. (Facebook)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kalbar, menilai Pemerintahan Sutarmidji-Ria Norsan belum optimal dalam mengelola aset daerah. PAN mencatat, banyak aset pemerintah daerah yang dikuasai pihak ketiga tanpa prosedur berlaku.

“Menurut informasi yang kami dapat, banyak aset Pemerintah Provinsi yang dikuasai pihak ketiga. Tanpa prosedur yang sesuai aturan,” kata Ritaudin, Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kalbar, saat menyampaikan pandangan Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Anggaran Tahun 2021, Rabu (29/9/2021).

Selain banyak asset yang dikuasai pihak ketiga, PAN juga mencatat Pemprov Kalbar lemah dalam inventarisasi aset. Sebab, banyak tanah pemerintah daerah yang belum tersertifikasi hingga saat ini.

Selain itu, banyak aset Pemprov Kalbar yang terbengkalai, dan tak terurus dalam waktu belasan tahun dan hingga puluhan tahun. PAN mendorong agar Pemerintah Provinsi berbenah dan mengecek validitas informasi ini dan menyelesaikannya.

“Jika ini benar sungguh ironis dan sangat disayangkan,” ujar Ritaudin.

Selain itu, PAN juga mendorong agar Pemerintah Daerah mengoptimalkan penyerapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam bidang pajak. Sebab, temuan PAN telah terjadi lost atau kehilangan pendapatan yang cukup besar. Ratusan miliaran hingga triliunan rupiah.

“Lost-nya pendapatan ini disebabkan karena banyaknya penunggak pajak. Salah satunya perusahaan besar yang sudah menikmati potensi kekayaan alam, namun abai,” kata dia.

Fraksi PAN juga mendorong agar Pemprov Kalbar berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar yang berada diurutan 30 dari 34 Provinsi.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: