banner 468x60 banner 468x60

Kamu Pilih Mana, Treadmill vs Lari di Luar Ruang? Begini Penjelasan Para Pakar

  • Bagikan
Olahraga lari. suara.com
Olahraga lari. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Setiap orang punya caranya sendiri untuk memilih olahraga yang sesuai dan pas. Seperti olahraga Lari. Lari menjadi salah satu olahraga paling mudah untuk menjaga kebugaran. Lari sendiri bisa dilakukan di luar ruangan maupun di atas treadmill.

Namun sering kali ada perdebatan seputar lari di atas treadmill vs lari di luar ruangan. Lantas, apakah benar-benar ada perbedaan antara keduanya?

Dilansir dari Live Science, yang dikutip Suara.com, treadmill memungkinkan pengguna untuk mengontrol aspek menit dari lari mereka, turun ke tanjakan, kecepatan, dan interval.

Hal tersebut bagus untuk mereka yang pulih dari cedera yang membutuhkan lingkungan yang lebih terkontrol. Sabuk treadmill modern juga dirancang untuk menyerap beberapa dampak dari langkah kaki, yang dapat membantu melindungi persendian.

Terlepas dari semua manfaat yang sangat baik, treadmill membutuhkan biaya yang tidak murah. Jika memutuskan menggunakan treadmill di gym, seseorang perlu memperhitungkan biaya keanggotaan maupun biaya transportasi.

Jika Anda memilih untuk tidak pergi ke gym, membeli treadmill bisa menjadi pilihan. Tetapi itu mungkin berarti menghabiskan banyak uang di awal.

Di sisi lain, lari di luar ruangan memungkinkan Anda menjelajahi alam dan area tempat tinggal Anda. Menurut Frontiers in Psychology, ini dapat membawa manfaat yang sangat baik bagi mereka yang memiliki gejala kecemasan dan depresi.

Namun, berlari di luar dapat menimbulkan tantangan dalam berbagai medan, tanjakan, dan cuaca, yang berpotensi menyebabkan cedera saat berhadapan dengan tanah yang tidak rata atau basah.

Karena tidak perlu gym atau peralatan yang harus dibayar, biaya berlari di luar ruangan biasanya jauh lebih rendah. Namun, disarankan untuk memakai sepatu lari yang nyaman.

Dalam segi penurunan berat badan, para ahli telah menemukan sedikit bukti yang menunjukkan bahwa ada perbedaan penurunan berat badan antara lari treadmill vs lari di luar.

Peneliti di The American Council on Exercise menemukan bahwa kecepatan Anda berlari dan jenis lari yang Anda lakukan memengaruhi jumlah kalori yang terbakar.

Misalnya, Journal of Diabetes Research menunjukkan bahwa latihan interval intensitas tinggi dapat menjadi pilihan yang efisien waktu dan efektif untuk menurunkan berat badan. HIIT melibatkan berlari cepat selama 15 hingga 60 detik sebelum berjalan atau jogging untuk periode yang setara. Ini dilakukan berulang kali selama lima hingga 20 menit.

Berjalan, joging, lari stabil, dan latihan HIIT semuanya dapat dilakukan di atas treadmill atau di luar ruangan.

Secara keseluruhan, baik lari treadmill maupun lari di luar ruangan memiliki manfaat masing-masing. Treadmill mungkin lebih nyaman tetapi disertai dengan biaya keseluruhan yang lebih besar.

Berlari di luar ruangan sering kali terasa lebih menarik, mengurangi gejala kesehatan mental yang buruk, dan secara keseluruhan lebih murah tetapi dapat membawa masalah cuaca atau cedera.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: