banner 468x60 banner 468x60

Kembangkan Komoditas Jagung, Bupati Darwis: 30 Ribu Hektar Lahan Tersedia di Bengkayang

  • Bagikan
Ilustrasi tanaman Jagung. net
Ilustrasi tanaman Jagung. net

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis menyebut 30.036 hektar lahan siap kembangkan komoditas jagung di Kabupaten Bengkayang. Ini menjawab tantangan ketahanan pangan di sektor pertanian di setiap wilayah sebagai visi misi Kementerian Pertanian saat ini.

Dirinya mengatakan, 30.036 hektar lahan tersebut tersebar di 7 kecamatan di Kabupaten Bengkayang.

“Pemerintah sedang fokus pada pengembangan produktifitas komoditas jagung yang tersebar di 122 desa pada 7 kecamatan,” katanya, belum lama ini.

Darwis menjelaskan, produksi jagung di Kabupaten Bengkayang setidaknya menyumbang sekitar 50 persen untuk kebutuhan jangung di seluruh Kalimantan Barat.

Diketahui Tahun 2020, petani binaan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura baru mampu produksi jagung pipilan kering sebesar 254.757 ton. Artinya masih kekurangan 67.864 ton setiap tahunnya. Dari 322.621 ton yang ditargetkan setiap tahunnya.

“Dari produksi tersebut sebesar 131.190 ton (51,50%) adalah produksi yang berasal dari Kabupaten Bengkayang,”papar Darwis.

Kedepan katanya, setelah melakukan panen raya nusantara kemarin bersama menteri pertanian. Pemda akan mendapatkan sekitar 1.000 benih ton bibit jagung, yang akan dikembangkan di Kabupaten Bengkayang. Agar Kabupaten Bengkayang dapat menciptakan ketahanan pangan skala nasional.

Tak hanya komoditas jagung. Pemkab Bengkayang sudah menyiapkan lahan seluas 128 hektar tersebar di dua kecamatan untuk ubi jalar. 331 hektar untuk ubi kayu, dan 45 ketar untuk komoditas lain, seperti pisang, durian, pepaya dan alpukat.

“Ini poten di sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten Bengkayang. Mesti dimanfaatkan dan dimaksimalkan,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: