banner 468x60 banner 468x60

Coba Diet Vegan, Dikenal Ampuh Turunkan Berat Badan Maksimal

  • Bagikan
Coba diet vega. suara.com
Coba diet vega. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Untuk kalian yang ingin mencoba diet, tak salah jika memilih menu sehat untuk memaksimalkan program diet kamu. Diet vegan diyakini mampu menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh.

Berbeda dengan vegetarian yang masih memperbolehkan konsumsi makanan yang mengandung daging ikan atau hewan laut, telur, maupun susu, diet vegan sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan yang berasal dari produk hewani yang disebutkan di atas. Bahkan, madu pun dipantang!

Jadi, pegiat diet vegan hanya boleh makan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian.

Tapi jangan khatir, meski kelihatannya banyak batasan, diet vegan sudah terbukti sangat menyegarkan. Selain itu, wawasanmu terhadap makanan akan menjadi jauh lebih terbuka, karena banyak sekali yang bisa kamu lakukan dengan makanan yang berasal dari tumbuhan ini.

Dan jangan salah, sekali mencoba, kamu pasti akan langsung merasakan manfaat dari diet vegan ini. Mau tahu apa saja? Ini dia, melansir laman Ann’s Bakehouse & Creamery, dikutip Suara.com.

1. Penurunan risiko penyakit jantung

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mereka yang menjalani diet vegan mengalami penurunan dalam kadar kolesterol LDL dan kolesterol total, dan juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang menjalankan diet vegetarian.

Hal ini dikarenakan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan akan meningkatkan kadar antioksidan, asam folat, dan juga zat-zat fitokimia di dalam tubuh yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mampu mencegah kanker

Sayur-mayur dan buah-buahan mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Seperti yang disebutkan di atas, selain dapat menurunkan risiko penyakit jantung, fitokimia yang berada di makanan diet vegan telah terbukti dapat mencegah kanker juga!

Fitokimia bersifat sebagai antioksidan dan mampu melakukan aktivitas antiproliferasi. Zat fitokimia ini dapat menghambat beberapa sel yang terlibat dalam pembentukan kanker.

3. Membantu mengontrol kadar gula

Dalam sebuah penelitian lain, diketahui bahwa jika kamu mengikuti diet vegan, kamu dapat mengurangi kemungkinan terjadinya diabetes tipe 2. Kok bisa?

Karena dengan mengonsumsi sayur, buah-buahan, dan biji-bijian, kamu akan mengurangi kadar gula, terutama gula buatan.

4. Menurunkan berat badan

Banyak diet yang mengatakan bahwa mereka manjur dalam menurunkan berat badan. Khusus untuk diet vegan ini, pernah dilakukan penelitian yang terbit dalam jurnal akademik “Nutrition and Diabetes”.

Di dalam penelitian ini, para peserta yang ikut diharuskan mengikuti pola makan sesuai diet vegan. Dan hasilnya? Setelah sekitar 16 minggu, peserta yang menjalani pola makan vegan sukses menurunkan berat badan, dan terjadi pengurangan jumlah lemak di daerah perut (jadinya tidak buncit lagi).

Bagaimana, apa kamu jadi tertarik mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, serta menghindari makanan yang mengandung bahan hewani?

Tapi jangan khawatir, meski kamu menjalani diet vegan, kamu masih bisa tetap makan enak, kok. Ann’s Bakehouse & Creamery punya Super Banana yang lezat dan cocok buat kamu yang sedang diet vegan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: