banner 468x60 banner 468x60

Fakta Penting Zink Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 3 Harus Kamu Tahu!

  • Bagikan
Ilustrasi multivitamin zink. net
Ilustrasi multivitamin zink. net

PONTIANAK, insidepontianak.com – Makan adalah kebutuhan pokok yang pemenuhannya tidak dapat diabaikan. Selain untuk menghilangkan rasa lapar, tujuan yang lebih utama dari makan adalah untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pada faktanya, masih banyak orang yang makan hanya untuk menghilangkan rasa laparnya saja, tanpa memperhatikan nutrisi apa saja yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi.

Pengetahuan tentang nutrisi yang terkandung pada makanan beserta fungsinya bagi tubuh adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah zink (zinc).

Dirangkum dari laman Healthline, yang dikutip Suara.com, berikut adalah lima fakta penting zink bagi kesehatan tubuh.

1. Peranan zink dalam tubuh

Peranan zink di dalam tubuh sangat penting dalam menunjang proses metabolisme.Beberapa peranannya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memaksimalkan proses pertumbuhan tubuh, serta meningkatkan kecepatan penyembuhan luka.

Selain itu, 300 lebih proses kerja enzim dalam tubuh, baik itu dalam proses metabolisme, fungsi saraf, pencernaan, dan proses kerja enzim lainnya tidak terlepas dari bantuan zink.

Salah satu gejala yang dialami oleh penderita Covid-19 adalah hilangnya indra perasa dan penciuman. Faktanya, salah satu suplemen yang diberikan pada penderita Covid-19 selama masa penyembuhan adalah suplemen zink.

Selain untuk mempercepat penyembuhan, ternyata zink juga memiliki peranan dalam menunjang tubuh dalam kemampuan indra perasa dan penciuman.

Bagi kalian yang masih remaja, masalah jerawat merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan yang berdampak pada masalah kepercayaan diri.

Terkait masalah jerawat, telah ada penelitian tentang zink yang menyimpulkan bahwa zink dapat mengatasi jerawat dengan cara menekan peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, dan menghambat kerja kelenjar penghasil minyak.

2. Sumber makanan yang mengandung zink

Peranan zink pada tubuh kita sangat penting, tetapi faktanya tubuh kita tidak mampu memproduksi zink sendiri, sehingga kita harus mendapatkan asupan zink dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Lalu, makanan apa saja yang mengandung zink?

Sumber makanan yang mengandung zink terbagi menjadi dua kategori, yaitu hewani dan nabati. Untuk mendapatkan zink, kita bisa menyesuaikan selera antara makanan hewani atau nabati. Namun, jika ingin kandungan zink mudah diserap oleh tubuh, zink yang berasal dari makanan hewani lebih baik dibandingkan dari makanan nabati.

Zink dari makanan hewani bisa diperoleh dari daging sapi, ayam, salmon, kerang, dan lobster. Sedangkan, zink dari makanan nabati bisa diperoleh dari jamur, kangkung, asparagus, buah bit, dan kacang-kacangan seperti buncis.

3. Dampak kesehatan jika kekurangan zink

Pentingnya zink bagi proses metabolisme dalam tubuh, menjadi hal yang mutlak bahwa kebutuhan minimal zink harus terpenuhi. Jika kebutuhan zink dalam tubuh tidak tercukupi, maka akan mempengaruhi seluruh aktivitas tubuh yang memerlukan zink.

Dampak negatif pada kesehatan juga akan terjadi jika kebutuhan zink tidak terpenuhi, seperti diare kronis, ruam kulit, gangguan penyembuhan luka, masalah kesuburan dan penurunan nafsu makan. Mengingat zink berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kekurangan zink juga menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami infeksi.

4. Dampak kesehatan jika kelebihan zink

Sama halnya dengan kekurangan zink, jika tubuh kelebihan zink juga akan berdampak pada kesehatan tubuh. Lalu, dampak apa saja yang ditimbulkan dari kelebihan zink? Salah satu dampak dari kelebihan zink dalam tubuh adalah mengganggu proses penyerapan zat besi dan tembaga. Selain itu, kelebihan zink juga akan menyebabkan diare, sakit kepala, kram perut, penurunan kekebalan tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

5. Dosis yang dianjurkan

Jika kita kekurangan zink dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Demikian juga jika tubuh kita kelebihan zink, maka tubuh kita akan mengalami gangguan kesehatan.Lalu, berapa banyak zink yang kita butuhkan dalam satu hari?

Kebutuhan zink pada setiap orang berbeda. Pada pria dewasa, zink yang dibutuhkan dalam satu hari adalah sebanyak 11 mg. Pada wanita dewasa, kebutuhan zink dalam satu hari adalah sebanyak 8 mg. Namun, wanita dewasa yang sedang hamil membutuhkan zink lebih banyak, yaitu sebanyak 11 mg. Dalam satu hari, maksimal zink yang dapat diterima tubuh adalah sebanyak 40 mg.

Jika tubuh menerima zink lebih dari 40 mg dalam satu hari, bisa dikatakan tubuh kelebihan zink dan akan berdampak pada kesehatan.

Itulah ulasan tentang lima fakta penting zink bagi kesehatan tubuh. Setelah membaca ulasan singkat ini semoga kita bisa lebih memahami dan lebih bijak dalam memilih menu makanan agar kesehatan kita tetap terjaga.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: