banner 468x60 banner 468x60

Punya Kolesterol Tinggi, 7 Makanan Makanan Ini Efektif Turunkan Kadar Lemak Jahat Anda

  • Bagikan
Ilustrasi kolesterol jahat. suara.com
Ilustrasi kolesterol jahat. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bagi anda yang memiliki riwayat sakit karena kelebihan lemak jatah hingga menyebabkan kadar kolesterol tinggi, makanan jadi penentu dalam penurunan kadar lemak jahat di tubuh.

Kolesterol tinggi faktanya, merupakan salah satu hal yang penting untuk dihindari karena bisa memicu berbagai jenis penyakit.

Salah satu cara paling mudah yang dapat kamu gunakan untuk menekan kadar kolesterol adalah mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Makanan penurun kolesterol, nantinya akan menurunkan kadar kolesetrol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh. Dilansir dari laman health.harvard, dikutip Suara.com, berikut 7 makanan penurun kolesterol yang patut kamu coba.

1. Kacang-kacangan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa beragam jenis kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan kacang tanah baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

Mengkonsumsi 2 ons kacang dalam satu hari dapat menurunkan setidaknya 5% Low Density Lippoprotein (LDL) sebagai salah satu penyebab kolesterol tinggi.

2. Oat

Salah satu makanan yang sering dipilih sebagai usaha penurunan berat badan ini rupanya juga ampuh dalam memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Semangkuk oatmeal setiap pagi dapat memberikan 1 sampai 2 gram serat larut, di mana rata-rata kita membutuhkannya 5 sampai 10 gram tiap harinya.

3. Minyak nabati

Penggunaan minyak nabati seperti canola, safflower, dan beberapa jenis lainnya sebagai pengganti mentega saat memasak dapat menjadi cara ampuh untuk menurunkan kadar LDL.

4. Makanan kaya sterol dan stanol

Kandungan sterol dan stanol dalam makanan dapat membantu tubuh menyerap kolesterol. Sterol dan stanol biasa ditambahkan ke berbagai olahan makanan seperti margarin, granola bar, dan cokelat.

Mengkonsumsi 2 gram sterol dan stanol sehari dapat menurunkan kandungan kolesterol LDL hingga 10%.

5. Kedelai

Mengkonsumi kedelai dan beragam olahannya seperti tahu dan susu kedelai dipercaya mampu menurunkan kolesterol tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein kedelai setiap harinya mempu menurunkan setidaknya 5% sampai 6% LDL.

6. Barley

Seperti halnya gandum dan biji-bijian lainnya, barley juga dikenal ampuh menurunkan risiko penyakit jantung akibat kolesterol tinggi, terutama melalui kandugan serat larut yang mereka miliki.

7. Lemak Ikan

Mengkonsumi ikan dua sampai tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL melalui dua cara. Pertama, sebagai pengganti daging yang memiliki lemak jenuh pemicu meningkatnya LDL dan meningkatnya kandungan lemak omega-3.

Omega-3 berkhasiat untuk menurunkan trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan mencegah munculnya degup jantung yang tidak normal.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: