banner 468x60 banner 468x60

Tagana Imbau Semua Pihak Waspada Bencana Alam

  • Bagikan
Akibat banjir, jembatan di Bengkayang terendam banjir. dok
Akibat banjir, jembatan di Bengkayang terendam banjir. dok

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalimantan Barat mengajak semua pihak termasuk pemerintah daerah supaya untuk bersiaga dan waspada hadapi bencana alam banjir, puting beliung dan tanah longsor (Batingsor).

Selain banjir, puting beliung dan tanah longsor kesiagaan juga harus perlu dilakukan terhadap karhutla meski kerap terjadi hujan.

Wakil Ketua Tagana Provinsi Kalimantan Barat, Puji Siswanto, mengatakan potensi terjadi kebakaran hutan dan lahan masih terjadi.

“Semua pihak tetap waspada bencana dua musim tersebut. Termasuk kesiapan dan kesiapsiagaan pemerintah daerah,” katanya, Minggu (3/10/2021).

Ia menyebut, hingga saat ini, situasi cuaca di sejumlah Beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkayang, masih dalam kondisi dominan panas, meski sempat terjadi hujan beberapa kali.

Dirinya meminta, pemerintah mesti fokus melakukan koordinasi penanganan bencana, serta menjaga tim agar tetap solid. Guna untuk mengantisipasi baik bencana karhutla maupun batingsor yang bisa saja sewaktu waktu.

“Semoga tak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, dan jika terjadi, dapat ditanggulangi,”paparnya.

Disebutnya, Tagana Provinsi Kalbar mencatat pada tahun 2021 kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bengkayang mengalami penurunan signifikan. Karena sudah mulainya kepedulian dan kemauan masyarakat untuk mengikuti aturan pemerintah, seperti aturan membakar lahan untuk keperluan pertanian. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: