banner 468x60 banner 468x60

Brownies Kukus ala Amanda Brownies, Tekstur Lembut Buat Ketagihan

  • Bagikan
Brownies Kukus. suara.com
Brownies Kukus. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Yummy dan lezat pastinya hidangan manis super mudah. Apalagi kalau bukan brownies kukus. Jajanan coklat ini adalah salah satu kue manis yang paling laris di pasaran.

Tekstur lembut dan pilihan aneka rasanya bisa dikreasikan sesuai selera. Tak heran jika banyak orang yang ingin mencoba cara membuat brownies kukus yang lembut di rumah.

Simak bahan dan cara membuat brownies kukus lembut ala merk brownies ternama, Amanda Brownies, seperti dibagikan dalam video berjudul “Resep mudah BROWNIES KUKUS ala Amanda ( versi kw )” dari kanal YouTube Dapur Nana’s, dikutip Suara.com, Minggu (3/10/2021).

Resep Brownies Kukus Lembut

Bahan-bahan 

90 gram (9 sdm) terigu protein sedang (segitiga biru)
25 gram (2,5 sdm) cokelat bubuk
80 gram cokelat batang
150 gram (10 sdm) gula pasir
4 butir telur
130 gram (10 sdm) mentega / margarin
1 sachet kental manis cokelat
1 sdt sp (emulsifier)
1 sdt baking powder
1 bungkus vanili bubuk

Cara Membuat

Lelehkan mentega dan coklat batang dalam air mendidih. Steam mentega dan coklat, aduk-aduk hingga semua meleleh. Angkat dan diamkan hingga dingin.

Siapkan semua bahan keringnya. Masukkan tepung terigu protein sedang, coklat bubuk, baking powder pada saringan dahulu. Kemudian, ayak agar tekstur adonannya tetap
lembut dan mudah dicampur dengan bahan lain. Sisihkan.

Siapkan loyang (18 cm x 18 cm). Olesi loyang dengan margarin dan letakkan baking paper, olesi lagi dengan margarin. SIsihkan.

Siapkan wadah mangkuk besar. Pecahkan 4 butir telur, tambahkan gula pasir, sp (emulsifier), vanili bubuk, lalu mixer hingga teksturnya putih mengental dan mengembang tanpa gelembung.

Setelah adonan telur sempurna, campurkan bahan kering yang sudah diayak. Mixer dengan kecepatan rendah dan semua tercampur.

Ratakan adonan brownies dengan spatula.

Campurkan mentega dan cokelat leleh yang sudah dingin tadi ke dalam adonan brownies. Aduk-aduk dengan teknik aduk balik atau aduk lipat hingga semua adonan tercampur rata dan jangan sampai ada endapan dalam adonan.

Ambil sekitar 4 sdm adonan sebagai lapisan tengahnya. Campur dengan 1 sachet susu coklat dan aduk hingga tercampur rata.

Agar lapisan atas dan bawah brownies tingginya sama rata, bagi dua adonan dalam dua mangkuk berbeda.

Tuang satu bagian adonan ke dalam loyang, ratakan dan hentak-hentakan sebentar lalu kita kukus.

Setelah panci kukus panas dan airnya benar-benar mendidih, masukkan loyangnya, tutup dan kukus selama 15 menit dengan api sedang cenderung kecil. Sebagai catatan, tutup panci harus dilapisi kain agar air/uap tidak menetes dan merusak lapisan permukaan atas brownies.

Setelah 15 menit, buka pengukus dan tuangkan lapisan tengahnya. Setelah rata, kukus kembali selama 10 menit.

Setelah 10 menit, timpa dengan adonan terakhir. Kemudian, kukus kembali selama 25 menit.

Buka pengukus dan lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangannya. Jika tidak ada yang menempel pada tusuk, artinya brownies sudah matang.

Matikan kompor dan angkat brownies. Diamkan hingga dingin. Setelah dingin, keluarkan brownies dari loyang.

Potong brownies sesuai selera. Brownies kukus rasa cokelat siap disajikan.

Itulah cara membuat brownies kukus rasa coklat yang lembut dan fluffy! Mudah,k an? Selamat menikmati bersama keluarga dan teman-teman di rumah!

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: