banner 468x60 banner 468x60

Gencarkan UMKM, Pemda Minta Masyarakat Jeli Melihat Potensi Daerah

  • Bagikan
Ferly Dedek, Kasi Pengembangan dan Penguatan UKM, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkayang. Baruna
Ferly Dedek, Kasi Pengembangan dan Penguatan UKM, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkayang. Baruna

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Ferly Dedek, Kasi Pengembangan dan Penguatan UKM, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkayang meminta masyarakat untuk jeli memaksimalkan potensi daerah masing-masing.

“Ini untuk Guna meningkatkan UMKM di Kabupaten Bengkayang,” katanya, Senin (4/10/2021).

Ferly menyebut, demografis wilayah Kabupaten Bengkayang sangat beragam. Baik dari daerah pesisir Kecamatan Sungai Raya, hingga daerah perbatasan Kecamatan Jagoi Babang.

“Peluang usaha mesti dimanfaatkan oleh masyarakat. Serta inovasi dan kreativitas mesti ditonjolkan,” paparnya.

Ia menjelaskan, wilayah pantai atau pesisir Bengkayang, yaitu di Kecamatan Sungai Raya dan Sungai Raya Kepulauan identik dengan produk hasil laut. Misalnya asinan ikan dan kerupuk.

Sedangkan, kata dia, wilayah tengah Bengkayang banyak usaha kecil menengah. Misalnya dodol dan makanan lainnya. Serta di daerah perbatasan terkenal dengan kearifan lokal seperti Bidai.

“Potensi-potensi produk usaha lainnya mesti ditimbulkan. Dan yang sudah ada, agar dikembangkan menjadi lebih baik,” katanya.

Saat ini pihaknya telah melakukan penguatan-penguatan dan pembinaan kepada para pelaku usaha agar dapat diarahkan sesuai kemahirannya. Sebab, kata dia, bimbingan tersebut sangat penting dilakukan. Kucuran bantuan besar diberikan. Namun tak dibarengi dengan pembinaan, hasilnya tak akan sesuai ekspektasi pemerintah.

Ia juga menambahkan, para pelaku usaha di masa pandemi juga harus jeli melakukan pemasaran online untuk menjual produk yang dihasilkan. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: