banner 468x60 banner 468x60

Jurnalisme Keberagaman : Mengikis Prasangka dan Bangun Pemahaman antar Suku

  • Bagikan
Anggota dan pengurus Laskar Satuan Keluarga Madura (LSKM) mengadakan diskusi terkait prasangka dan kerangka pemberitaan dalam pelatihan jurnalisme dasar untuk keberagaman. Ist
Anggota dan pengurus Laskar Satuan Keluarga Madura (LSKM) mengadakan diskusi terkait prasangka dan kerangka pemberitaan dalam pelatihan jurnalisme dasar untuk keberagaman. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com, – Tiga puluh lima anggota dan pengurus Laskar Satuan Keluarga Madura (LSKM) mengadakan diskusi terkait prasangka dan kerangka pemberitaan dalam pelatihan jurnalisme dasar untuk keberagaman, di Aula Rumah Dinas Wakil Wali Kota Pontianak, belum lama ini.

LSKM menyelenggarakan pelatihan ini dengan tujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam merawat toleransi dan keberagaman di Kalbar. LSKM merupakan lembaga yang berkomitmen dalam menjaga toleransi antar suku dan agama serta nilai-nilai Pancasila.

Menurut Kepala Kesbangpol Kota Pontianak, Rizal, kegiatan ini merupakan hal yang positif dan menambah pengetahuan. Kegiatan ini memberikan pengetahuan bagaimana jurnalis itu mengambil peran dalam situasi, terutama dalam situasi konflik.

“Peranan media saat ini sangat menentukan situasi bagaimana kita mengelola keberagaman terutama di Kota Pontianak. Merawat keberagaman tidaklah mudah. itu bukan hanya tugas ormas, pemerintah, tapi tugas kita semua,” katanya.

Sementara Koordinator Serikat Jurnalisme untuk Keberagaman (Sejuk), Dian lestari, mengatakan segala prasangka yang ada di kepala seseorang itu dapat menggiring opini untuk membenci orang lain.

Dian mengingatkan bahwa prasangka merupakan salah satu penyebab konflik. Prasangka dapat menimbulkan diskriminasi, yaitu tindakan terhadap seseorang atau kelompok berdasarkan apa yang telah diyakini. (Nia)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: