banner 468x60 banner 468x60

Kulit Gatal Membandel, Pakai Cara Ini Biar Ketombe Kabur!

  • Bagikan
Ilustrasi ketombe. suara.com
Ilustrasi ketombe. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Paling mengganggu adalah saat kulit kepala gatal. Bukan lantaran kurang mandi tapi banyaknya ketombe. Ketombe adalah kulit kepala yang mengelupas dan bisa menjadi masalah rambut yang mengganggu.

Nah, mimin dengan baik hati Bagaimana cara menghilangkan ketombe yang ampuh? Simak beberapa tips dirangkum Suara.com, di bawah ini.

Penyebab Ketombe

Ketombe disebabkan oleh jamur bernama malassezia yang hidup secara alami di kulit. Pertumbuhannya yang berlebih dan tidak seimbang, karena faktor usia, hormon, atau stres, akan menyebabkan ketombe.

Tubuh kita memang meregenerasi sel-sel kulit secara teratur. Namun, produksi jamur yang meningkat akan menghambat regenerasi sel kulit mati.

New York Dermatology Group menjelaskan bahwa ketombe berbentuk serpihan putih disebabkan dermatitis seboroik yang ringan dan terjadi di kulit kepala. Ketombe akan memunculkan rasa gatal, kulit bersisik, dan merah.

Lalu, apa solusinya? Simak terus tips ampuh yang dirangkum Suara.com, menghilangkan ketombe berikut ini.

Cara Menghilangkan Ketombe

1. Ubah Pola Makan

Nutrisi makanan yang buruk bisa menyebabkan ketombe. Makanan tinggi karbohidrat bisa memicu penumpukan glikogen di kulit dan menjadi makanan jamur penyebab ketombe.

Kamu perlu mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula yang bisa merangsang produksi minyak kulit pada kelenjar sebaceous. Cara ini efektif diterapkan, terlebih oleh kamu yang rentan terhadap ketombe.

2. Teratur Keramas

Jangan biarkan minyak alami rambut bertahan lebih lama di kulit kepala karena bisa menambah masalah. Jika kamu jarang keramas, minyak dan sel kulit mati semakin menumpuk. Kamu perlu mencuci rambut 3 kali sepekan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari ketombe serta masalah lainnya.

3. Coba Eksfoliasi Kulit Kepala

Sama seperti kulit, lakukan eksfoliasi dengan lembut pada lapisan atas kulit kepala. Eksfoliasi kulit kepala dengan butiran yang mengandung sedikit asam salisilat akan menghilangkan sel kulit mati.

Lakukan eksfoliasi pada rambut yang basah atau saat keramas setidaknya dua kali seminggu. Pastikan baca petunjuk pemakaian produk secara cermat.

4. Gunakan Sampo Khusus Ketombe

Ahli kecantikan merekomendasikan sampo khusus ketombe yang paling efektif dan cepat menghilangkan ketombe. Pilih sampo dengan formula lembut, ringan, dan kandungan sedikit asam salisilat. Jika mengalami kemerahan dan iritasi, cobalah formula zinc purithione, ketoconazole, dan selenium sulfide.

5. Coba Hair Oil Mask

Perawatan rambut berbasis minyak bisa membantu menyeimbangkan produksi minyak berlebih di kulit kepala. Mengoleskan minyak ke kulit kepala akan membantu mengangkat minyak rambut penyebab ketombe.

6. Tambahkan Tea Tree Oil

Kamu bisa coba pengobatan ala rumahan menggunakan minyak esensial, tea tree oil. Tambahkan beberapa tetes tea tree oil pada sampo. Tea tree oil bersifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi keparahan ketombe.

7. Jangan Menggaruk Kepala

Cobalah untuk tidak menggaruk kulit kepala yang gatal karena bisa memperburuk peradangan dan iritasi. Apalagi jika kuku panjang dan tajam, menggaruk bisa menyebabkan luka terbuka di kulit kepala yang berujung pada infeksi. Lakukan pijatan lembut saat melakukan perawatan rambut agar bahan menembus kulit kepala dan bekerja efektif.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan direkomendasikan oleh ahli kecantikan. Pastikan lakukan perawatan rambut yang aman dan alami. Untuk hasil yang lebih maksimal, konsultasikan ke dokter masing-masing.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: