banner 468x60 banner 468x60

Peduli Kesehatan Mental, Berikut 7 Langkah untuk Kesehatan Jiwa Anda

  • Bagikan
Hari Kesehatan Jiwa Seduni. suara.com
Hari Kesehatan Jiwa Seduni. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukan kamu bahwa setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day. Kampanye peduli kesehatan jiwa pun marak dilakukan di bulan Oktober.

Apa yang mau kamu lakukan di bulan Oktober ini? Jika bingung, ada tujuh langkah yang perlu kamu terapkan yang dilansir dari Psychology Today, yang dikutip Suara.com.

Langkah-langkah ini dipercaya baik untuk kesehatan jiwa Anda. Apa saja?

Lakukan meditasi bersama alam

Meditasi disebut dapat meningkatkan keseimbangan emosi seseorang. Dengan melakukan meditasi, Anda bisa berhubungan langsung dengan alam yang tenang.

Cara ini bisa kamu lakukan untuk latihan fisik di bulan Oktober.

Sadari tentang keindahan alam sekitar

Hal yang paling penting saat menjalani kehidupan di bulan Oktober adalah, menyadari keindahan alam di sekitar kamu.

Dengan menyadari tentang keindahan alam sekitar, ini akan membuat kamu lebih tenang, serta mampu menjalani hidup lebih bersyukur.

Gunakan waktu sebaik mungkin

Hidup ini begitu singkat jika hanya dipakai untuk buang-buang waktu. Maka dari itu, gunakan waktu sebaik mungkin yang kamu bisa, mulai dari menciptakan sesuatu, memperkaya pikiran dengan wawasan, dan terlibat percakapan bersama teman dan juga keluarga.

Ingat, habiskan waktu ini dengan cara yang positif ya.

Tunjukkan versi terbaik dirimu

Terkadang kamu merasa insecure dengan pencapaian dan kehidupan orang. Sehingga kamu lupa bagaimana melihat diri kamu lebih jauh dan lebih dekat.

Mengapa tidak menunjukkan terbaik versi dirimu? Jadikan ini sebagai cara untuk menerima diri, sebab mungkin saja ada orang yang menyukai versi terbaik kamu. Siapa tahu?

Menuai hasil dari kerja keras

Kamu perlu menuai hasil dari kerja keras kamu selama ini, karena ini bisa jadi investasi jangka panjang buat kamu.

Mulai dari meningkatkan keterampilan, mengelola keuangan, menyiapkan tabungan, membangun relasi yang sehat, serta mewujudkan impian.

Sampaikan perasaan kamu

Jika ada hal yang mengganjal, ada baiknya segera sampaikan perasaan kamu. Kamu bisa lakukan ini kepada orang lain atau kepada kekasih kamu.

Dengan menyampaikan perasaan, tentu ini bisa menenangkan perasaan, sekaligus terhindar dari yang namanya memendam perasaan.

Pelihara hubungan kamu dengan orang terdekat

Di bulan Oktober ini kamu perlu memelihara hubungan dengan orang terdekat. Mulai dari keluarga dan persahabatan misalnya.

Dengan memelihara hubungan, kamu akan tetap terhubung dengan mereka. Tentunya, mereka akan selalu ada ketika kamu mengalami kesulitan sendirian.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: