banner 468x60 banner 468x60

Bertengkar dengan Sahabat? Ini Tips untuk Memperbaikinya

  • Bagikan
Sahabat bertengkar, begini cara mengatasinya. net
Sahabat bertengkar, begini cara mengatasinya. net

PONTIANAK, insidepontianak.com – Salah satu hubungan manusia yang paling disenangi adalah hubungan persahabatan. Pasti akan sangat menyenangkan jika kamu memiliki sahabat yang selalu menemani di saat kamu senang maupun sedih.

Manusia merupakan makhluk sosial, ketika mereka tidak mampu untuk hidup sendiri dan senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, manusia juga menjalin hubungan dengan orang lain. Seperti hubungan sahabat.

Namun, nyatanya hubungan dengan sahabat tidak selamanya bisa berjalan dengan mulus. Kamu bisa saja menemukan berbagai masalah yang bisa membuat hubungan kalian menjadi semakin renggang.

Bermusuhan dengan sahabat memang merupakan hal yang tidak menyenangkan.
Untuk memperbaiki hubungan dengan sahabatmu tersebut, kamu bisa mencoba beberapa cara yang dirangkum Suara.com, di bawah ini:

1. Minta maaf

Pertengkaran dimulai dari sebuah kesalahan. Entah itu yang dilakukan oleh dirimu sendiri maupun yang sahabatmu lakukan.

Oleh karena itu, bersikaplah dewasa dan minta maaf terlebih dahulu jika kamu memang telah berbuat salah terhadap sahabatmu. Jangan kalian bermusuhan dengan sangat lama hanya karena tidak ada yang mau mengalah dan meminta maaf terlebih dahulu.

2. Kirimkan hadiah

Permusuhan dengan sahabat jangan dipelihara dalam waktu yang lama. Untuk memperbaiki hubungan, kamu bisa mengirimkan sahabatmu sebuah hadiah.

Bukan masalah harga, sebab yang terpenting adalah ketulusan hati kamu dalam memberikannya. Selain itu, tulislah permintaan maaf dan ingin berbaikan pada sebuah kertas yang kamu cantumkan di dalam hadiah tersebut.

Dengan begitu, sahabatmu pasti akan paham dan merasakan ketulusanmu untuk benar-benar memperbaiki hubungan persahabatan.

3. Menyapa terlebih dahulu

Jangan terus-terusan diam satu sama lain. Buatlah suasana yang enjoy dan rileks antara kamu dan sahabatmu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah kamu bisa menyapanya terlebih dahulu jika sedang berpapasan.

Hilangkan rasa gengsi yang ada dalam diri dan cobalah untuk berdamai dengan dirimu dan sahabatmu kembali.

4. Dengar ceritanya

Bisa jadi, akar dari permasalahan yang kamu alami dengan sahabatmu adalah kesalahpahaman karena kurangnya komunikasi.

Oleh karena itu, cobalah untuk membuka obrolan dengan sahabatmu, dengarkan cerita serta penjelasan dari sahabatmu mengenai masalah ini.

Kamu pun juga bisa menyampaikan pandanganmu terkait penyebab kalian bermusuhan, dengan begitu kesalahpahaman bisa diselesaikan dengan sebaik mungkin.

Bermusuhan dengan sahabat tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Kalian akan memiliki jarak dalam hubungan persahabatan tersebut. Oleh karena itu, jagalah selalu hubunganmu dengan sahabat.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: