banner 468x60 banner 468x60

Desa Pulau Lemukutan Gandeng Polnep Pontianak Gali Potensi Daerah

  • Bagikan
Pemerintah Desa Pulau Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang saat menyambut pihak Politeknik Negeri Pontianak dalam kunjungan observasi. Rabu (6/10/2021). Ist
Pemerintah Desa Pulau Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang saat menyambut pihak Politeknik Negeri Pontianak dalam kunjungan observasi. Rabu (6/10/2021). Ist

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Pemerintah desa Pulau Lemukutan menggandeng Politeknik Negeri Pontianak untuk melakukan pemetaan wilayah kawasan Desa Pulau Lemukutan yang berada pada kawasan lautan.

Gandengan tersebut, dilatarbelakangi oleh strategisnya letak geografis Pulau Lemukutan di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang.

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi geografis unik dibanding daerah lain di Kalbar.

Dimana wilayahnya terbentang dari perbatasan Indonesia-Malaysia, daerah pegunungan hingga perbatasan dengan laut Natuna.

Desa Pulau Lemukutan juga salah satu wilayah yang termasuk dalam kawasan tersebut.

Kades Pulau Lemukutan, Ahmad Yusuf mengatakan, kedatangan dosen dan mahasiswa teknik arsitektur Polnep Pontianak di aula balai rakyat satu atap merupakan tindaklanjut dari kerjasama antara desa dan Polnep Pontianak.

“Kita sudah melakukan kerjasama untuk dilakukan pemetaan dan menggali potensi kearifan lokal desa,”katanya.

Kata dia, kedatangan mereka dalam kerjasama tersebut meliputi, program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD), kajian spasial tata ruang kawasan pesisir berbasis mitigasi bencana, program wirausaha mahasiswa pemetaan desa berbasis GIS, dan PKM diseminasi produk pemetaan kawasan pesisir berdasarkan potensi wisata pada kawasan konservasi di Desa Pulau Lemukutan.

“Semoga upaya yang dilakukan pihak desa dan Polnep Pontianak dapat bermanfaat dan memberikan dampak yang banyak bagi Desa Pulau Lemukutan,” harapnya. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: