banner 468x60 banner 468x60

Olah Kotoran Ternak, Warga Karimunting Raup Omzet Jutaan Rupiah

  • Bagikan
Kelompok UMKM Bumi Hijau, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang saat olah kotoran ternak jadi pupuk untuk sektor pertanian. Rabu (6/10/2021). Ist
Kelompok UMKM Bumi Hijau, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang saat olah kotoran ternak jadi pupuk untuk sektor pertanian. Rabu (6/10/2021). Ist

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Kelompok UMKM Bumi Hijau, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang mampu memproduksi olahan kotoran ternak menjadi pupuk organik dan semi organik. Alhasil, dari kreativitasnya tersebut, pihaknya mampu raup omset jutaan rupiah.

Wahyu Setiawan pendiri dari CV Mandiri Sejahtera dan selaku pembina kelompok UMKM Bumi Hijau mengatakan, pihaknya saat ini memang tengah konsen sebagai produsen pupuk organik dan juga semi organik.

“Untuk usaha yang kami tekuni sekarang ini, memperoleh keuntungan dan dapat mencukupi kebutuhan keluarga kami,” terangnya, Rabu (6/10/2021).

Dikatakan Wahyu, mengenai bahan dasar pembuatan pupuk tersebut digunakan bahan-bahan yang ada disekitar wilayah Desa. Seperti kotoran ternak sapi, ayam, kambing untuk pupuk organik. Dan juga batang pisang, sekam untuk semi organik.

Disebutnya, kelompok UMKM Bumi Hijau tersebut terdiri dari 8 orang warga Desa Karimunting. Dari kegiatan produksi pupuk tersebut. Pihaknya memasarkan ke beberapa kabupaten hingga ke Kalimantan Tengah.

“Kita sudah merambah ke beberapa kabupaten, seperti Sambas, Pontianak, Sintang, hingga tembus k Kalteng,”ucapnya.

Mengenai harga, pupuk organik dan semi organik tersebut dibandrol dengan 40 ribu rupiah untuk kemasan 5 kg. Dan 60 ribu rupiah untuk kemasan 10 kg.

“Alhamdulillah untuk omset tembus jutaan hingga 10 juta perbulan,”katanya.

Wahyu berharap, UMKM di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan dapat terus meningkat dan berkembang. Sehingga dapat menciptakan ekonomi daerah yang mumpuni. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: