banner 468x60 banner 468x60

Pesan Narkoba Berbentuk Kertas Secara Online, Seorang Remaja di Sambas Ditangkap

  • Bagikan
AKBP Laba Meliala
Kapolres Sambas, AKBP Laba Meliala. (Ist)

SAMBAS, insidepontianak.com – Seorang remaja berinisial NR alias RZ (22), warga Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, ditangkap polisi karena memesan sepuluh keping narkoba jenis Lysergic Acid Diethyllamide (LSD) atau SMILE. Barat haram itu dipesan secara online.

LSD atau SMILE adalah narkoba jenis baru berbentuk kertas, yang diungkap pada tahun 2013 oleh kepolisian republik Indonesia. Kapolres Sambas, AKBP Laba Meliala mengatakan, penangkapan terhadap RZ dilakukan pada Jumat, 1 Oktober 2021 sekitar pukul 16.00 WIB.

Pengungkapan kasus itu, berawal dari informasi masyarakat tentang adanya pesanan online paket pengiriman berisi LSD melalui jasa TIKI.

Informasi itu segera ditindaklanjuti. Anggota Satres Narkoba Polres Sambas melakukan pemeriksaan dan kontrol terhadap paket tersebut. Saat diketahui pemesannya adalah seorang remaja di salah satu desa di Kecamatan Pemangkat, petugas kepolisian kemudian menyamar sebagai kurir untuk menangkap RZ.

“Saat paket dari Jakarta tersebut tiba di Sambas, kami langsung melakukan control delivery. Kemudian dengan modus sebagai kurir, kami mengantar paket ke pemesan dan menangkapnya yang ternyata adalah warga Pemangkat,” kata Kapolres Sambas, AKBP Laba Meliala, dalam keterangan pers, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya, pengungkapan kasus narkoba berbentuk kertas yang dipesan secara online itu, pertamakali dilakukan pihaknya.

Barang bukti
Barang bukti. (Dok. Polisi)

Dalam kasus ini, Satres Narkoba Polres Sambas berhasil menyita sepuluh keping LSD atau SMILE yang berbetuk mirip stiker kecil atau perangko dengan berat keseluruhan 1.36 gram. Selain itu, satu unit handphone milik RZ, serta satu buku komik Cute Guy Edisi ke-4 dan resi pengiriman paket juga diamankan.

Diketahui, LSD atau SMILE adalah narkoba golongan I jenis baru di Indonesia. Bentuknya seperti stiker lucu, bahkan kertas perangko sehingga membuat orang tidak curiga.

Pemakai barang terlarang tersebut biasa menghisapnya seperti permen dan perlahan mencair saat ditaruh dalam mulut. Efek orang mengkonsumsi narkoba jenis ini bisa menimbulkan halusinasi atau halusinogen.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: