banner 468x60

PLN Perpanjang Stimulus Listrik Hingga Akhir Tahun

  • Bagikan
Warga penerima program stimulus listrik
Warga penerima program stimulus listrik. (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Rosniah bersyukur PLN kembali perpanjang program stimulus listrik hingga akhir tahun. Perempuan 62 tahun itu mengaku sangat terbantu dengan program tersebut. Apalagi di masa pandemi ini.

Mendapat keringanan pembayaran rekening listrik dari pemerintah melalui PLN, buat Rosniah (62), merupakan hal yang luar biasa. Wanita yang tinggal di jalan Kom Yos Sudarso Pontianak yang sehari-harinya bekerja sebagai guru ngaji keliling ini merasakan bantuan stimulus listrik ini sangat membantu dalam meringankan beban hidup setiap bulannya.

“Meski saat ini pembayaran rekening listrik dapat potongan 50 persen, namun sangat berarti buat saya yang tidak memiliki penghasilan tetap,” kata Rosniah, yang sehari-hari bekerja sebagai guru ngaji keliling ini, Rabu (6/10/2021).

Sebelum mendapat program stimulus PLN, Rosniah harus merogoh kantong Rp100 ribu perbulan untuk membayar rekening listrik. Namun, setelah progeam stimulus didapat, biaya itu praktis berkurang 50 persen.

“Sekarang saya hanya membayar sekitar Rp 50 ribu saja perbulan. Saya harap bantuan ini dapat terus diberikan pemerintah. Terutama dimasa pandemi yang masih berlangsung seperti saat ini,” harapny.

Hal senada juga dirasakan Junaidi. Pria 51 tahun yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh lepas di Pelabuhan Dwikora Pontianak ini mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan stimulus listrik. Sebelum adanya bantuan stimulus, dia harus mengeluarkan biaya sekitar Rp160 ribu per bulan membayar tagihan listrik.

“Alhamdulillah, sekarang saya hanya bayar sekitar Rp80 ribu setiap bulannya. Uangnya bisa kami pakai untuk membeli beras,” jelas Junaidi.

Manajer PLN UP3 Pontianak, Didi Kurniawan Abuhari menyebut, bantuan stimulus listrik telah diberikan sejak bulan Maret tahun 2019.

“Melalui bantuan stimulus listrik ini, kami berharap dapat sedikit meringankan beban hidup warga kurang mampu, terutama di masa pandemi yang masih berlangsung,” kata Didi.

Ia juga menjelaskan, masyarakat dapat mengecek secara langsung apakah menerima stimulus listrik atau tidak melalui berbagai cara, bisa lewat website stimulus.pln.co.id, atau dengan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di PlayStore maupun AppStore.

Berikut cara mengecek penerima diskon stimulus listrikt program PLN: Pertama bisa meslui Website Resmi PLN. Langkahnya, pertama buka website https://portal.pln.co.id

Kedua, klik “Diskon Stimulus Covid-19”. Ketiga, masukkan nomor ID Pelanggan PLN dan kode captcha dan klik “Cari”. Ketiga, masukkan nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat lengkap sesuai KTP, dan masukkan kode captcha, dan klik “simpan”

Selanjutnya bisa melalui Aplikasi PLN Mobile. Caranya: Buka aplikasi PLN Mobile dari Smartphone. Pilih Menu Info Stimulus.
Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter, lalu klik Kirim.

“Jika pelanggan termasuk dalam kategori penerima diskon stimulus listrik, maka akan muncul nilai diskon yang diberikan. Namun, apabila tidak termasuk dalam kategori penerima, maka akan muncul pemberitahuan bahwa pelanggan tidak mendapat diskon,” pungkas Didi.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: