banner 468x60 banner 468x60

Tangani Bencana Alam, BPBD Bengkayang Siapkan Tim TRC Khusus Tanggap Darurat Bencana

  • Bagikan
Bencana alam yang membuat jembatan ambruk di Bengkayang. dok
Bencana alam yang membuat jembatan ambruk di Bengkayang. dok

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkayang telah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Tanggap Darurat Bencana di Kabupaten Bengkayang.

Hal tersebut dipersiapkan untuk melakukan penanganan dan antisipasi bencana alam yang akan terjadi di musim cuaca ekstrem mendatang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Bengkayang, Erwin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Tim TRC Khusus. Tim tersebut nantinya akan bergerak cepat langsung ke tempat kejadian untuk melakukan penanganan dan evakuasi bencana yang terjadi.

“Termasuk mengecek kebutuhan dasar masyarakat yang terkena musibah tersebut,” katanya, saat Kamis (7/10/2021).

Kata Erwin, persiapan untuk dapur umum dan posko-posko telah dilakukan persiapan oleh BPBD Bengkayang dibeberapa titik yang telah ditandai potensi bencana.

“Data BMKG selalu di update dan diinformasikan kepada masyarakat, serta tangki-tangki air sudah dipersiapkan bila suatu ketika diperlakukan,” paparnya.

Dirinya juga menambahkan, pihak BPBD, Tim TRC Tanggap Darurat Bencana juga berkerjasama dengan Dinas PUPR Bengkayang, apabila terjadi bencana longsor yang memerlukan alat berat untuk penanganannya.

“Kita juga selalu berkoordinasi dengan instansi vertikal lainnya, dalam hal untuk kesiapan menghadapi bulan-bulan musim penghujan di Bulan Oktober hingga Februari mendatang,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: