banner 468x60 banner 468x60

Begini Lulusan Harvard Maknai Pentingnya Pendidikan

  • Bagikan
Alumni Universitas Harvard sekaligus Medical Doctor Nadhira Afifa (Screen capture)
Alumni Universitas Harvard sekaligus Medical Doctor Nadhira Afifa (Screen capture/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukah kalian bahwa pendidikan formal erat dikaitkan dengan salah satu faktor penentu prospek karier di masa depan. Padahal lebih dari itu, pendidikan punya makna yang lebih luas lagi.

Hal ini diungkap oleh Alumni Universitas Harvard sekaligus Medical Doctor Nadhira Afifa, dalam acara Danacita ‘Demi Masa Depan’, dikutip Suara.com, Kamis (7/10/2021).

Kata Nadhita, pendidikan juga dapat menguji kemampuan kita dalam berpikir kritis.

“Buat saya pendidikan itu bukan membentuk ke profesi tertentu saja. Tapi sebenarnya pendidikan bisa membuat kita membentuk mindset dan membangun critical thinking,” ucapnya.

Selain itu, Nadhira juga menyebut bagaimana pendidikan bisa membuat seseorang dapat menentukan pilihan hidupnya sendiri bahkan membentuk seseorang untun dapat meningkatkan keterampilan dalam pengambilan keputusan.

“Dan yang paling penting, pendidikan itu bisa membuat seseorang menjadi independen dan berdaya. Kalau misalnya kita dibesarkan tanpa pendidikan, kita biasanya cenderung mengikuti apa yang ada di sekitarnya. Dan kalau pengambilan keputusan yang diambil, itu biasanya bukan berdasarkan judgment yang jelas,” lanjut Nadhira.

Nadhira pun mengatakan pendidikan penting agar tidak membuat seseorang mudah dipengaruhi hal-hal buruk yang bisa menjadi ganjalan hidup atau berproses di masa depan.

“Dan akhirnya kita tidak bisa menentukan hidup sendiri, dan berakhir dengan bergantung sama orang,” kata Nadhira.

Bagi Nadhira sendiri, esensi pendidikan adalah membuat seseorang dari yang tidak berdaya menjadi berdaya. Karena semakin tingginya pendidikan seseorang, ini dapat meningkatkan kemampuan untuk diri sendiri. Salah satunya ingin menjadi apa pun setelah lulus nanti.

“Saya merasa semakin tinggi pendidikan yang saya ambil, saya punya power lebih untuk membentuk diri saya sendiri, seperti mau jadi apa nantinya,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: