banner 468x60 banner 468x60

Kanwil Kemenkumham Kalbar Fasilitasi Penyusunan Naskah Akademik dan Raperda Inisiatif DPRD KKU

  • Bagikan
Kanwil Kemenkumham Kalbar Fasilitasi Penyusunan Naskah Akademik dan Raperda Inisiatif DPRD KKU. (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat melalui Tim Fasilitasi Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah mengikuti Public Hearing Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kayong Utara Tahun 2021.

Public Hearing yang dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 4 sampai 5 Oktober ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Toman Pasaribu dengan didampingi Kepala Bidang Hukum, Edy Gunawan dan Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Dini Nursilawati.

Toman Pasaribu dalam sambutannya menyampaikan Public Hearing ini diadakan guna mengumpulkan saran dan pendapat dari Instansi terkait, Lembaga Masyarakat, Tokoh Masyarakat berkenaan dengan Penyusunan Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Kayong Utara, agar perencanaan pembentukan peraturan daerah dapat disusun secara terencana, terpadu dan sistematis.

“Hal ini tentu saja bisa tercapai apabila ada komunikas dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, DPRD, instansi vertikal yang terkait dan masyarakat sebagai pemangku kepentingan agar dapat dihasilkan perda yang berkualitas. menjadi solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan hukum masyarakat,” terang Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Toman Pasaribu, Kamis (7/10/2021).

Menurutnya, Kerja sama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kayong Utara ini diharapkan mempunyai peran yang strategis untuk membantu pembentukan peraturan perundang-undangan di daerah yang harmonis, adil, konsisten, tidak diskriminatif, dan tidak bias gender, serta memperhatikan terlaksananya penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan Hak Asasi Manusia.

Sementara itu Ketua DPRD Kayong Utara Sarnawi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat yang telah memfasilitasi Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kayong Utara Tahun 2021.

kegiatan Public Hearing Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara ini berfokus tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, dilanjutkan Public Hearing Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Ikan.

Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara tentang Hari Jadi Kabupaten Kayong Utara serta Public Hearing Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selanjutnya, Tim Fasilitasi Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kayong Utara Tahun 2021 akan menampung masukan dan saran dari Peserta Public Hearing dan mempelajarinya apakah dapat dimasukan ke dalam Rancangan Peraturan Daerah sebagai muatan lokal. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: