banner 468x60 banner 468x60

Pemkab Ketapang Raih Empat Piagam Penghargaan

  • Bagikan
Bupati Ketapang dan Sekda Ketapang memegang salah satu piagam penghargaan di dampingi wakil bupati dan Asisten III Ketapang. (Ist)
Bupati Ketapang dan Sekda Ketapang memegang salah satu piagam penghargaan di dampingi wakil bupati dan Asisten III Ketapang. (Ist)

KETAPANG, insidepontianak.com – Bupati Ketapang, Martin Rantan menghadiri acara Penyerahan Nilai Reformasi Birokrasi (RB) dan Nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Pemerintah Kabupaten Ketapang Tahun 2020, di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang, Kamis (07/10/2021).

Bupati Ketapang, mengatakan di dalam SAKIP diatur sebuah sistem kerja, dimana seluruh perangkat daerah harus menetapkan sasaran-sasaran kinerja yang tepat untuk menyelesaikan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

“Di setiap misi yang saya usung maka akan terdapat beberapa perangkat daerah yang bertanggungjawab terhadap setiap misi tersebut,” tegas Bupati Martin.

Lebih lanjut Martin mengatakan bahwa di dalam SAKIP untuk menyelesaikan misi Bupati yang diemban, setiap perangkat daerah harus menyusun pembagian kerja yang jelas pada setiap level strukturnya.

“Untuk mengukur keberhasilan pencapaian kinerja setiap struktur yang ada pada setiap perangkat daerah, maka indikator kinerja yang disusun harus saling berkontribusi hingga level staff,” timpal Martin.

Selain itu, Martin juga menyampaikan bahwa nilai pelaksanaan RB perangkat daerah Kabupaten Ketapang tahun 2020 menunjukkan trend positif, atas pencapaian tahun 2019 lalu.

“Saya juga ingin menginformasikan untuk nilai hasil evaluasi pelaksanaan RB pemerintah Kabupaten Ketapang tahun 2020 oleh Kemenpan RB, Kabupatan Ketapang meraih kategori CC dengan nilai 51.83 meningkat dari tahun 2019 dalam kategori CC dengan nilai 50.58,” terangnya.

Lebih lanjut di tambahkan Martin, bahwa untuk nilai SAKIP pada tahun 2020 juga menunjukkan trend positif peningkatan atas implementasi SAKIP di Kabupaten Ketapang.

“Pada kesempatan kali ini juga saya informasikan bahwa untuk nilai hasil evaluasi terhadap implementasi SAKIP pemerintah Kabupaten Ketapang tahun 2020 oleh Kemenpan RB, Kabupaten Ketapang meraih kategori B dengan nilai 60.11 meningkat dari tahun 2019,” tuturnya.

Selain itu, diakui orang nomor satu di kota ale-ale (makanan khas) ini, Kabupaten Ketapang adalah satudiantara dari 5 Kabupaten/ Kota di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2020 yang meraih nilai sakip dengan kategori B ke atas.

“Pencapaian ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama dari seluruh perangkat daerah yang ada,” tuturnya.

Ia juga meminta kepada semua perangkat daerah dan jajarannya untuk segera melakukan pembenahan terkait budaya lama yang kurang relevan dengan RB dan SAKIP ini.

“Saya minta semua kepala perangkat daerah agar menjadikan kategori nilai yang tertera di dalam piagam ini menjadi bahan evaluasi dan motivasi untuk meningkatkan kinerja dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

Adapun empat piagam yang didapat pemerintah Kabupaten Ketapang atas pencapaian prestasi dalam Reformasi dan SAKIP tahun 2020, adalah sebagai berikut :

1. Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Piagam ini diberikan atas prestasi Kabupaten Ketapang dalam akuntabilitas kinerja tahun 2020 dengan predikat nilai B.

2. Piagam Penghargaan Gubernur Kalimantan Barat yang merupakan keputusan Menpan RB dan keputusan Gubernur Kalbar sebagai prestasi pemerintah Kabupaten Ketapang dalam penyelenggaraan pelayanan publik kategori “Baik dengan catatan” tahun 2020.

3. Piagam Penghargaan Gubernur Kalbar Kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai penyelenggara pelayanan publik dengan kategori B.

4. Piagam penghargaan Gubernur Kalbar kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu sebagai penyelenggara pelayanan publik dengan kategori C. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: