banner 468x60 banner 468x60

Satu-satunya di Untan, Fisip punya UKM Modelling, Tertarik?

  • Bagikan
Fisip Universitas Tanjungpura punya UKM bernama Komunitas Model. Ist
Fisip Universitas Tanjungpura punya UKM bernama Komunitas Model. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Setiap universitas pasti mempunyai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM biasanya dibentuk sebagai wadah aktivitas mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura sendiri memiliki salah satu UKM bernama Komunitas Model. Komunitas ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa yang tertarik dengan dunia modelling atau tata busana.

Terbentuknya komunitas ini merupakan inisiatif dari kemahasiswaan, Audy Nuju, yang sering mengikutsertakan mahasiswanya dalam kegiatan seperti pameran busana, catwalk, dan lain sebagainya.

“Sampai suatu saat kita yang terlibat dalam kegiatan itu, mas Audy bilang kenapa kita gak bentuk komunitas aja? Komunitas yang bisa menaungi orang-orang yang memang tertarik dengan bidang modelling,” ujar Josephine Jessica, Ketua Model Fisip Untan saat ditemui pada Jumat (8/10/2021).

Mereka pun sepakat dan tertarik menyetujui rencana itu, hingga terbentuklah UKM Model Fisip Untan pada Januari 2019.

Komunitas yang menaungi banyak mahasiswa berprestasi tersebut memiliki pertemuan yang rutin dilaksanakan satu bulan dua kali, yaitu pelatihan catwalk.

“Selain itu, biasanya kita berkumpul untuk membahas terkait permasalahan internal komunitas. Kemudian program kerja yang akan dirancang ke depan. Kalau pertemuan ini sesuai dengan jadwal latihan kita. Ya sudah sekalian aja nih latihan catwalk, gitu,” tambahnya.

Bagi Josephine, hadirnya komunitas Model Fisip tidak hanya sebagai wadah untuk menyalurkan hobi untuk bersenang-senang, melainkan bisa membuat hobi tersebut menjadi prestasi membanggakan.

“Kita memang sering mengikutkan anggota dalam perlombaan seperti Duta HIV/AIDS yang kebetulan dapat Runner-Up kedua. Ada juga Duta Pariwisata Kuburaya. Sering itu mengikuti lomba peragaan busana kayak casual etnic, busana pernikahan, photoshoot, dan lain sebagainya,” ujarnya

Tak hanya itu, Josephine juga menjelaskan manfaat yang didapatkan anggota yang akan dan sudah bergabung. Dari kemampuan berjalan ala model hingga belajar public speaking.

“Kita memang berfokus untuk melatih skill anggota di bidang modelling. Tapi juga berbicara, kemudian mengenal kepribadian mereka sendiri. Hal-hal kayak gini tuh bakalan berguna nih. Kalau misalnya mereka mengikuti perlombaan-perlombaan di luar yang berkaitan dengan bidang modeling,” paparnya.

Sebagai ketua, Josephine mengaku ada beberapa program kerja yang terhambat karena adanya pandemi.

“Jika dulunya itu kita sering banget ngadain perlombaan modelling di mall matahari. Tapi sekarang karana lagi pandemi jadi kita gak bisa mengumpulkan orang banyak. Jadinya kegiatan kita juga terbatas,” ungkapnya.

Namun, hal tersebut tak membuatnya berputus asa untuk merampungkan salah satu rencananya, yaitu membuat pelatihan catwalk untuk anak-anak, yang akan dilatih sendiri oleh anggota UKM.

Ia berharap, komunitas model Fisip Untan bisa lebih berkembang. Lebih banyak lagi kegiatan kegiatan yang bisa diikuti bagi mereka yang tertarik dengan bidang modeling.

“Semakin banyak lagi orang yang mengenal UKM ini. Semoga ke depan nya pandemi ini cepat selesai dan UKM kita lebih bisa berkembang lagi,” tutupnya. (Silvia)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: