banner 468x60 banner 468x60

Harus Tahu, 6 Manfaat Daun Bidara yang Baik untuk Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/manseok Kim/suara.com)
Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/manseok Kim/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Daun bidara yang berasal dari pohon bidara menjadi salah satu tanaman herbal tradisional yang diyakini dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tanaman herbal yang memiliki nama latin Ziziphus mountiana ini telah diuji dan dibuktikan secara ilmiah mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Untuk itu, simak manfaat daun bidara yang mungkin belum banyak orang ketahui dikutip dari laman klikdokter, dikutip Suara.com.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

Sebuah studi di tahun 2016 menemukan adanya keterkaitan manfaat kesehatan dan potensi senyawa bioaktif daun bidara. Tanaman herbal satu ini diketahui kaya akan kandungan polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Berkat kandungan tersebut, daun bidara memiliki sifat antimikroba, anti peradangan, hipoglikemik, antioksidan, dan imunomodulator. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan memanfaatkan kandungan dari daun bidara yang diolah.

1. Mengatasi Masalah Sariawan

Jika kamu mengalami masalah sariawan atau masalah pada mulut lainnya, coba gunakan daun bidara untuk mengobati. Kandungan antioksidan di dalam daun bidara bermanfaat untuk membasmi bakteri yang bersarang di dalam mulut.

Hasilnya, bibir sehat terhindar dari bakteri penyebab sariawan, bibir pecah-pecah, dan masalah lainnya yang mengganggu.

2. Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat daun bidara berikutnya adalah mampu membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Serat yang larut dalam air berguna untuk menurunkan kolesterol. Caranya dengan merebus teh daun bidara yang akan mengikat kolesterol pada sistem pencernaan dan dibuang melalui feses.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satu potensi daun bidara lainnya untuk tubuh adalah membantu memperbaiki pola tidur yang berkualitas. Senyawa bioaktif seperti flavonoid dan saponin yang ada di tanaman herbal ini terbukti meningkatkan waktu tidur. Selain itu, senyawa biokatif ini juga bisa membantu meredakan kecemasan akibat masalah tidur.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun bidara bisa dirasakan oleh penderita masalah lambung. Bahan alami ini bahkan telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi masalah gastrointestinal, yaitu kembung, sakit perut, dan sembelit.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa tanaman daun bidara juga dapat mengurangi kadar asam lambung serta melindungi dan mengobati tukak lambung. Bidara juga sangat efektif dalam mengatasi sembelit kronis.

5. Merawat Kesehatan Rambut

Tanaman daun bidara juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan rambut. Cara mengaplikasikannya dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Cara perawatan rambut secara alami dan konsisten ini akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerusakan dan kerontokan.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Senyawa alami yang ditemukan dalam daun bidara, seperti saponin, flavonoid, dan polisakarida berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karenanya, daun bidara dikenal bagus untuk sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan stress oksidatif yang bisa melemahkan fungsi kekebalan dan membuat lebih rentan terkena penyakit.

Beberapa manfaat daun bidara yang bagus untuk kesehatan tubuh di atas memang sudah diuji dalam penelitian. Namun untuk langkah yang lebih bijak, sebelum mengonsumsinya, dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: