banner 468x60 banner 468x60

Segudang Manfaat Daun Sirsak, dari Atasi Kanker hingga Bisa Redakan Stres

  • Bagikan
Manfaat dari daun sirsak yang menyehatkan untuk mengobati penyakit
Manfaat dari daun sirsak yang menyehatkan untuk mengobati penyakit. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Buah sirsak terkenal dengan kesegarannya. Tak hanya itu buah hijau ini kaya manfaat. Tak hanya buahnya, daun sirsak juga tak kalah khasiatnya. Daun sirsak bisa menjadi salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Manfaat daun sirsak sering diambil dengan memadukan bahan alami lainnya.

Tayangan video “#Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak @TanamanKu”dari kanal YouTube TanamanKu, yang dikutip Suara.com, Jumat (8/10/2021), simak manfaat daun sirsak untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Daun Sirsak

1. Mengatasi Kanker

Daun sirsak bisa menghambat perkembangan sel kanker serta dapat menyembuhkan lebih efektif. Manfaat daun sirsak ini diperoleh berkat kandungan acetogenin di dalam daun sirsak yang bersifat antikanker yang kuat.

Caranya dengan rebus 10 lembar daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menyusut airnya menjadi 1 gelas. Kemudian saring air rebusan daun sirsak dan dinginkan. Minum ramuan ini secara rutin setiap pagi selama 3-4 minggu. Lihat hasilnya.

2. Atasi Asam Urat

Asam urat menjadi penyakit yang dialami sebagian orang. Asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dengan ditandai rasa sakit pada sendi.

Cara mengolahnya dengan mencuci 6-10 daun sirsak yang sudah tua, namun warna daunnya masih hijau. Rebus daun sirsak dalam 2 gelas air. DIdihkan sampai airnya menyusut menjadi satu gelas. Minum ramuan ini dua hari sekali pada pagi dan sore hari untuk hasil maksimal.

3. Mencegah diabetes

Manfaat daun sirsak dipercaya dapat membantu menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah penyebab diabetes. Namun daun sirsak ini bukan menjadi satu-satunya obat herbal untuk diabetes. Konsultasikanlah kepada dokter sebelum mengonsumsi obat herbal satu ini.

Caranya dengan membersihkan 2 – 5 daun sirsak. Rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih. Kemudian konsumsi air rebusan daun sirsak ini secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

4. Menyembuhkan Infeksi di Kulit

Manfaat daun sirsak berikutnya adalah untuk menyembuhkan infeksi berkat kandungan saponin, alkaloid, flavonoid, dan tanin yang bekerja sebagai antibakteri. Selain untuk kulit, senyawa aktif antibakteri tersebut juga efektif melindungi kesehatan paru-paru dari infeksi.

Caranya dengan remas-remas daun sirsak dan gosokkan ramuan sirsak ke area kulit yang sakit untuk meredakannya.

5. Meredakan Stress

Teh daun sirsak bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami pereda stress karena sifatnya yang menenangkan. Selain itu, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia berkat kandungan tryptophan yang memberi efek rasa ngantuk.

Demikianlah ulasan tentang manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter masing-masing saat hendak dikonsumsi untuk pengobatan alternatif penyakit tertentu.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: