banner 468x60 banner 468x60

Chia Seeds, dari 7 Manfaat hingga Kandungan Lengkap di Dalamnya

  • Bagikan
Konsumsi Biji Chia disebut baik untuk program diet penurunan berat badan. (Shutterstock)
Konsumsi Biji Chia disebut baik untuk program diet penurunan berat badan. (Shutterstock/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Herbal satu ini mulai terkenald di Indonesia. Meskipun sebagian di antara Anda masih asing mendengar tanaman yang satu ini, belakangan ini terdapat sebuah tanaman yang bernama chia seed yang mulai hangat diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia.

Tanaman yang memiliki nama lain salvia hispanica ini termasuk dalam jenis tanaman mint, kini tanaman tersebut mulai banyak dimanfaatkan sebagai campuran beragam jenis makanan.

Apa sebenarnya manfaat dari chia seed?

Berikut adalah ulasan tentang 7 manfaat chia seed bagi tubuh kita, dikutip Suara.com lengkap dengan kandungannya, mari simak!

Penjelasan Chia Seed

Mengutip dalam salah satu channel YouTube Bisnis Ibu Rumah Tangga terdapat 7 manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh kita. Sebelum membahas tentang apa saja manfaat chia seed terlebih dahulu kita akan mengulas apa itu chia seed.

Chia seed adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman liar di gurun di daratan Meksiko, faktanya tanama ini sudah mulai dimanfaatkan oleh leluhur dari suku Maya dan Aztec. Chia sendiri di daerah asalnya bermakna sebagai ‘kekuatan’.

Berikut 7 Manfaat Chia Seed

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa chia seed merupakan biji-bijian yang dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh kita, berikut adalah beberapa manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang terdapat pada biji chia seed berfungsi untuk menyerap jumlah air yang besar, selain itu chia seed juga dapat mengembang ketika sudah berada di dalam perut sehingga dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang setelah mengonsumsi biji-bijian ini.

Hal ini terjadi karena chia seed yang anda makan akan memperlambat proses pencernaan yang ada.

2. Mengobati diabetes

Manfaat kedua adalah kandungan yang ada pada chia seed dalam mengurangi masalah resistensi insulin yang ada di dalam tubuh, hal ini tentunya dapat digunakan sebagai obat bagi anda yang mengidap penyakit diabetes.

3. Menurunkan kolesterol

Asam lemak omega 3 yang ada pada chia seed ampuh digunakan sebagai obat penurun kolesterol, hal ini mampu mengurangi pemicu terjadinya penyakit jantung koroner.

4. Pencegah kanker payudara

Minyak biji olahan chia seed juga dipercaya memiliki sifat anti kanker yang dapat memperlambat pertumbuhan tumor, selain itu chia seed juga merupakan sumner asam alpha linoleate baik yang mampu mencegah terjadinya kanker payudara.

5. Insomnia

Bagi Anda pengidap penyakit susah tidur chia seed menjadi obat yang tepat, banyaknya kandungan tripofan dalam biji-bijian ini dapat memicu produksi hormone serotonin dam melatonin yang dapat mengobati insomnia.

6. Memperkuat tulang dan gigi

Chia seed dipercaya mengandung banyak sekali kalsium yang dapat menyehatkan tulang dan gigi kita.

7. Menyehatkan kulit

Manfaat yang terakhir adalah dapat menyehatkan kulit kita, hal ini dikarenakan tingginya kandungan omega-3 yang ada pada chia seed.

Kandungan Chia Seed

Menyadur laman halodoc chia seed merupakan biji-bijian yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena memiliki beragam kandungan, berikut adalah beberapa kandungan chia seed:

138 kalori
1,64 gram air
9,75 gram serat
8,72 gram total lemak
4,69 gram protein
179 miligram kalsium
2,19 miligram zat besi
95 gram magnesium
244 miligram fosfor
115 miligram kalium

Untuk dapat mengkonsumsi chia seed anda cukup mengeluarkan uang senilai Rp 90 ribu per kilonya dan Rp 54 ribu per ½ kilonya, sedangkan untuk konsumsi chia seed per harinya anda cukup mencampurkan chia seed sebanyak 1 sdt dalam setiap waktu makan.

Demikian adalah ulasan tentang 7 manfaat chia seed lengkap dengan kandugannya, tertarik untuk mulai rutin mengkonsumsi chia seed? Kini chia seed mulai banyak dijual pada toko-toko pangan.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: