banner 468x60 banner 468x60

Banyak Pernikahan di KKU Tidak Tercatat di KUA, Disdukcapil Lakukan Kerja Sama Lintas Sektor

  • Bagikan
Ilustrasi, Buku Nikah (Net)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com –  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kayong Utara Aslinda menyebutkan saat ini masih banyak pernikahan tidak tercatat secara resmi di Kantor Urusan Agama (KUA) Kayong Utara, banyak faktor yang melatar belakangi hal tersebut.

Ia mengungkapkan satu diantara penyebab tidak tercatatnya pernikahan di KUA, yakni pernikahan di bawah umur, jangkauan ke KUA  yang sulit dan biaya tinggi seperti di Kepulauan Karimata.

“Masih banyak ditemukan pemasalahan-permasalahan yang mengakibatkan nikah tidak tercatat,  sehingga berdampak pada hak-hak suami atau istri bahkan hak-hak  anak. Belum lagi social atau psikologis,” kata Aslinda belum lama ini.

Untuk itu pihaknya mengambil langkah konkret, untuk mengatasi hal tersebut seperti melakukan kerjasama dengan pihak terkait.

“Seperti kemarin, melakukan pembahasan perjanjian kerja sama percepatan kepemilikan dokumen kependudukan bersama Pengadilan Agama Ketapang, Kemenag/KUA se Kabupaten Kayong Utara, dan OPD teknis terkait,” tuturnya.

Menurutnya dengan  perjanjian kerja sama lintas sektor ini diharapkan bisa mempercepat dalam pencatatan perkawinan dan kegiatan sidang isbat nikah terpadu di luar gedung Pengadilan Agama.

“Bagi pasangan nikah tidak tercatat yang belum dilakukan sidang isbat tentu banyak faktor, oleh karenanya kami berinisiatif untuk  mempermudah warga Kayong Utara  dilakukannya PKS dengan Pengadilan Agama, Kemenag (KUA  se-KKU). Kesepakatan beberapa ruang lingkup yang termuat di PKS , semoga ke depannya bisa mempermudah dan meringankan biaya bagi warga KKU, sehingga Admindukcapil warga KKU juga terpenuhi,” harapnya. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: