banner 468x60 banner 468x60

Catat! 5 Hari Penting Internasional di Bulan Oktober yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Bulan Oktober. suara.com
Bulan Oktober. suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Memasuki bulan Oktober, kita sebagai rakyat Indonesia otomatis akan mengingat beberapa hari penting nasional.

Beberapa diantaranya seperti Hari kesaktian Pancasila pada 1 Oktober, Hari Batik di 2 Oktober, Hari Tentara Nasional Indonesia yang jatuh pada 5 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda diperingati pada 28 Oktober.

Namun tahukah anda bahwa di bulan yang sama terdapat juga hari penting internasional, dan beberapa diantaranya mungkin kita belum pernah mengetahuinya.

Berikut ini Suara.com rangkum dari berbagai sumber lima hari penting internasional yang terjadi di bulan Oktober.

1. Hari Vegetarian Dunia

Dalam laman worldvegetarianday.navs-online.org hari vegetarian sedunia dicetuskan pada tanggal 1 Oktober 1977 yang diprakarsai oleh North American Vegetarian Society alias NAVS. Setahun berselang, peringatan ini mendapat dukungan dari International Vegetarion Union.

Pada tanggal ini ditandai sebagai dimulainya Vegetarian Awareness Month, dimana dalam bulan ini masyarakat diharapkan saling berbagi informasi tentang keuntungan menjadi vegetarian. Tujuan dari gerakan ini adalah membantu menciptakan dunia yang lebih baik dengan menjadi vegetarian, menyelamatkan satwa, dan menjaga kelestarian bumi.

2. Hari Lanjut Usia Internasional

Merujuk pada wikipedia, Hari Lanjut Usia internasional diperingati setiap 1 Oktober yang ditetapkan melalui sidang umum PBB. Penetapan ini merupakan kelanjutan dari Vieanna Plan yang diputuskan di Wina pada tahun 1992.

Untuk tahun 2021, PBB mengambil tema untuk Hari Lanjut Usia Internasional yaitu Digital equality for all ages. Pengambilan tema ini menunjukkan betapa pentingnya akses dan partisipasi orang lanjut usia di dunia digital.

3. Hari Guru Dunia

Merujuk pada wikipedia, Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober. UNESCO menetapkan Hari Guru Sedunia sebagai bentuk dukungan kepada guru di seluruh dunia bahwa keberlangsungan generasi di masa mendatang berada di tangan para guru. Hari Guru Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 5 Oktober 1994.

Sedangkan di Indonesia Hari Guru diperingati setiap tanggal 25 November berdasarkan Keppres No. 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional, peringatan ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan bagi guru atas jasa-jasanya. Pada tanggal yang sama juga ditetapkan sebagai hari jadi PGRI yang merupakan organisasi profesi bagi guru.

4. Hari Satwa Sedunia

Hari Satwa sedunia atau World Animal Day diperingati setiap tanggal 4 Oktober. Peringatan ini merupakan sarana bagi masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam gerakan memperjuangkan keadilan sosial, terutama dalam hal kelestarian binatang.

Bersumber dari worldanimalday.org.uk, kelestarian kehidupan satwa dipengaruhi oleh tindakan individu, kegiatan industri, dan berbagai kebijakan yang dibuat oleh negara. Target yang diharapkan dari gerakan ini adalah melakukan gerakan yang bertujuan menjadikan dunia ini sebagai tempat yang lebih baik bagi pelestarian dan kelangsungan hidup seluruh satwa.

5. Hari Osteoporosis Dunia

Hari Osteoporosis Dunia atau World Osteoporosis Day diperingati setiap tanggal 20 Oktober. Merujuk pada wikipedia, peringatan ini merupakan kampanye jangka panjang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan dan pengobatan Osteoporosis dan berbagai penyakit yang terkait.

Secara umum satu dari tiga wanita, atau satu dari lima pria yang berusia di atas 50 tahun berpotensi mengalami Osteoporosis. Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi rapuh, sehingga berpotensi untuk mudah patah jika terjadi insiden yang tidak diharapkan.

Itulah beberapa hari penting dunia di bulan Oktober, beberapa mungkin kita ketahui dan sebagian lainnya mungkin tidak pernah kita dengar. Semua peringatan tersebut bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang berbagai hal, dan berpartisipasi dalam kegiatan yang positif.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: