banner 468x60 banner 468x60

Cegah Dehidrasi, Konsumsi 5 Buah dengan Kadar Air Tinggi Ini

  • Bagikan
ilustrasi semangka (Pixabay/stevepb/suara.com)
ilustrasi semangka (Pixabay/stevepb/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Tahukah kalian bahwa dehidrasi bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Dehidrasi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan cairan.

Akibatnya, kulit dan tenggorokan terasa kering serta tubuh yang lebih cepat lelah. Jika tidak segera diatasi, bisa berkembang menjadi penyakit serius yang berbahaya.

Pencegahan dan mengatasi dehidrasi dilakukan dengan memenuhi asupan cairan. Salah satunya menggunakan buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi. Apa saja kira-kira? Suara.com merangkum 5 di antaranya:

1. Semangka

Semangka berada di peringkat teratas dalam kategori buah dengan kadar air tinggi. Satu butirnya bisa mencapai 92 persen kandungan air, lho! Tidak heran saat memakannya, haus bisa langsung teratasi. Ditambah kondisinya yang dingin karena dimasukan ke dalam lemari es. Tenggorokan otomatis merasa segar.

Tak hanya itu, semangka juga punya kandungan lain yakni vitamin A dan C yang baik bagi kesehatan kulit serta rambut. Keduanya akan terawat dan terhindar dari berbagai kerusakan, termasuk kekeringan yang disebabkan oleh musim kemarau.

Kemudian, ada kandungan kalium pada semangka yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya mengontrol gula darah, mengurangi timbulnya risiko penyakit jantung, dan mencegah pembentukan batu ginjal.

2. Jeruk

Buah bulat dengan warna oranye ini juga bisa kamu konsumsi untuk pemenuhan asupan cairan tubuh. Pasalnya, jeruk mengandung air hingga 88 persen. Rasanya juga variatif. Ada yang asam dan juga manis. Begitu pun dengan jenisnya. Mulai dari nipis, lemon, hingga bali. Kamu bisa pilih yang sesuai selera.

Tak hanya mencegah dehidrasi, jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Baiknya lagi, tulang, kulit, dan matamu pun bisa menjadi lebih sehat karenanya.

3. Belimbing

Belimbing juga memiliki kandungan air yang tinggi, lho. Kira-kira bisa mencapai 90 persen. Rasanya cenderung manis, asam, dan sebagian ada yang hambar. Bentuk dari buah ini juga unik jika dipotong, karena menyerupai bintang dan berwarna kuning.

Selain itu, belimbing mengandung serat dan kalori yang rendah, yakni hanya di angka 36. Oleh karenanya, buah ini juga cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang tengah diet. Lalu, ada flavonoid dengan perannya sebagai antioksidan yang dapat melapisi lambung guna menghindari munculnya luka. Jadi, penderita maag dianjurkan untuk mengonsumsinya.

4. Nanas

Buah selanjutnya juga memiliki rasa manis dan asam, bahkan sering dijadikan salah satu bahan rujak. Nanas identik dengan warna kuning dan kulit cokelatnya yang bergerigi. Banyak tumbuh di daerah tropis, buah ini mengandung 88,9 air yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Nanas juga mengandung vitamin C yang baik bagi kesehatan tulang, mata, dan kulit, serta mampu menjaga sistem imun. Tak hanya itu, ada enzim bromelain yang dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit alias susah buang air besar, atau mual setelah makan.

5. Blewah

Blewah berbentuk layaknya labu dengan warna oranye dan kuning. Biasanya banyak dijumpai saat bulan Ramadhan tiba. Bisa dikonsumsi langsung atau dicampurkan bahan lain menjadi es yang menyegarkan. Buah ini memang memiliki kadar air tinggi, yakni 90 persen.

Selain mencegah dehidrasi dan haus, blewah punya kandungan karetonoid yang bisa memelihara kesehatan kulit. Senyawa ini bekerja dengan cara menghilangkan rasa sakit dan melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Blewah juga rendah akan kalori, sehingga cocok dijadikan asupan harian bagi kamu yang sedang melakukan proses penurunan berat badan.

Nah, dari lima buah dengan kadar air tinggi diatas, mana yang kamu sukai untuk rutin dikonsumsi setiap hari?

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: