banner 468x60 banner 468x60

Pemkab Kubu Raya Tingkatkan Kapasitas PKK Desa

  • Bagikan
Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas PKK Desa Kabupaten Kubu Raya, di Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (12/10/2021). (Istimewa)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kubu Raya menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kabupaten Kubu Raya tahun 2021, di Ruang Praja Utama, Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (12/10/2021).

Pelatihan peningkatan kapasitas PKK Desa Kabupaten Kubu Raya ini diikuti oleh perwakilan masing-masing desa dari 9 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam.

Yusran Anizam menyampaikan sambutan Bupati Kubu Raya, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas PKK Desa Kabupaten Kubu Raya tahun 2021 merupakan salah satu bagian dari lembaga kemasyarakatan desa.

“Dalam Peraturan Bupati Kubu Raya no 53 tahun 2020 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa. Ada enam lembaga kemasyarakatan desa yang merupakan mitra kerja desa yaitu rt, rw, pkk, posyandu, karang taruna dan LPM. Sehingga PKK desa memiliki peran penting dalam perencanaan, pelaksanaan danpengawasan terhadap pembangunan yang ada di desa,” kata Yusran Anizam.

Yusran mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah didorong untuk meningkatkan daya saing dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Dalam upaya mencapai tujuan ini, Pemerintah Daerah akan kuat dan efektif apabila didukung oleh seluruh komponen masyarakat serta salah satu lembaga kemasyarakatan yang telah ada dan diakui manfaatnya bagi masyarakat terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga, adalah gerakan PKK.

“PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah, dengan konsep pengelolaan dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera, maju dan mandiri,” katanya.

Ia menambahkan, Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat memiliki peran besar dalam pembangunan, mengingat jika semua keluarga telah dapat mewujudkan penghidupan yang sejahtera tentunya akan berimplikasi pada terwujudnya daerah dan negara yang sejahtera.

“PKK dengan 10 (sepuluh) program pokoknya, yaitu penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup serta perencanaan sehat, merupakan kekuatan yang sangat strategis untuk mendukung pencapaian kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Tantangannya kemudian kata dia, adalah bagaimana 10 (sepuluh) program pokok pkk tersebut dapat membudaya dalam kehidupan masyarakat melalui keluarga. Apabila gerakan PKK telah mampu membudaya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, tentunya PKK akan menjadi pilar yang kokoh dalam mendukung pencapaian masyarakat yang berdaya dan sejahtera. Peran-peran yang dijalankan oleh PKK tentunya membutuhkan dukungan dan kerjasama seluruh pihak.

“Saya mendorong kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya untuk dapat memberikan pembinaan dan pengawasan dalam pelaksanaan peran tim penggerak PKK Desa Kabupaten Kubu Raya.
Untuk itu melalui kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas PKK ini diharapkan seluruh PKK desa dapat memahami secara penuh tugas pokok dan fungsinya, dan ilmu yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan kinerja pkk desa dalam membangun desa di daerahnya masing-masing,” paparnya. (Ril)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: