banner 468x60 banner 468x60

Sama-sama Bermanfaat : Kamu Pilih Mana, Kopi atau Teh?

  • Bagikan
Pilih mana Kopi atau Teh. hellosehat.com
Pilih mana Kopi atau Teh. hellosehat.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kalian para pecinta minuman kopi dan teh pasti tahu manfaat dan khasiatnya bukan? Dua minuman itu mengandung kafein. Tapi penasaran nggak sih lebih baik mana antara minum kopi atau minum teh?

Peneliti Teh, Prof. dr. Dede Kusumana mengatakan dibanding pada kopi kadar kafein dalam teh cenderung lebih sedikit. Alhasil, kopi dan teh tidak bisa dibandingkan, karena harus dikonsumsi berdasarakan kondisi tubuh.

“Ada orang yang butuh konsentrasi memilih minum kopi. Tapi kadar kafein yang tinggi bagi beberapa orang tidak bisa diterima, alhasil ia tidak bisa menolerasi kopi,” ujar Prof. Dede dalam acara Teh Enam Tiga, The Art of Tea, di Sudirman Sahid Centre, Jakarta Selatan, dikutip Suara.com, Senin (11/10/2021).

Akibat hal ini, beberapa orang lebih memilih teh dibandingkan kopi. Sedangkan pada teh, selain kafein yang jumlahnya lebih sedikit, namun kadar antioksidan pada teh lebih banyak.

Salah satu antioksidan itu disebut dengan katekin, yang kandungannya banyak ditemukan dalam teh Indonesia.

Katekin adalah kandungan antioksidan alami yang ada di dalam teh. Katekin juga merupakan salah satu turunan poliphenol yang memiliki khasiat antioksidan tinggi, yang punya beragam manfaat kesehatan.

Salah satu manfaat antioksidan dalam teh bisa memperlambat alzheimer atau penyakit otak yang menurunkan kemampuan daya ingat, berbikir dan bicara. Umumnya alzheimer dialami orang lanjut usia atau lansia.

“Ada penelitian teh bisa memperlambat alzheimer, kopi juga sama. Tapi tidak semua orang sama tahan. Sehingga tergantung kultur dan kondisi. Paling aman sih teh karena kafeinnya renah,” jelas Prof. Dede.

Adapun tata cara yang tepat mengonsumsi teh, yaitu tiga kali sehari, dengan porsi masing-masing 200 mililiter. Sehingga sehari dikonsumsi berjumlah 600 mililiter.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: