banner 468x60 banner 468x60

Ditetapkan Tersangka, Siman Bahar Praperadilankan KPK

  • Bagikan
Gedung KPK
Ilustrasi. (Suara.com).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Direktur PT Loco Montrado, Siman Bahar ajukan praperadilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Berdasarkan laman sipp.pn-jakartaselatan.go.id, yang diakses pada Kamis (14/10/2021), permohonan gugatan itu terdaftar dengan nomor perkara 90/Pid.Pra/2021/PN JKT.SEL.

Siman Bahar gugat KPK terkait keabsahan penetapan tersangka atas dirinya soal kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Aneka Tambang dan PT Loco Montrado pada 2017. Berikut Petitum permohonan Praperadilan yang diajukan Siman Bahar:

Pertama meminta majelis hakim menerima dan mengabulkan permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya.

Kedua, menyatakan secara hukum tindakan termohon menetapkan pemohon sebagai tersangka berdasarkan Surat Nomor: B/2883/DIK.00/23/08/2021 tanggal 23 Agustus 2021, Perihal: Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan adalah tidak sah dan tidak berdasarkan atas hukum, dan oleh karenanya penetapan tersangka tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Ketiga, menyatakan batal dan tidak sah segala keputusan atau penetapan yang dikeluarkan lebih lanjut oleh termohon, yang berkenaan dengan penetapan tersangka atas diri pemohon.

Keempat, memerintahkan kepada termohon, untuk menghentikan penyidikan terhadap pemohon, berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Sprin.Dik/40/DIK.00/01/08/2021, tanggal 19 Agustus 2021.

Kelima, memulihkan hak pemohon dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya.

Keenam, menghukum termohon untuk membayar biaya perkara menurut ketentuan hukum yang berlaku.

Ketujuh, pemohon sepenuhnya memohon kebijaksanaan Yang Terhormat Hakim Praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa, mengadili dan memberikan putusan terhadap Perkara aquo dengan tetap berpegang pada prinsip keadilan, kebenaran dan rasa kemanusiaan.

Kedelapan, apabila Yang Terhormat Hakim Praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa Permohonan aquo berpendapat lain, mohon putusan yang seadil-adilnya.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan gugatan praperadilan yang diajukan Siman Bahar.

“Benar, yang bersangkutan ajukan praperadilan,” kata Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, sebagaimana dilansir dari Antara.com, Kamis (14/10/2021).

Sebagaimana diketahui, KPK sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi terkait kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Aneka Tambang (Antam) Tbk dengan PT Loco Montrado Tahun 2017.

Namun, hingga saat ini, Lembaga Anti Rasuah, belum mengumumkan secara rinci kronologis perkara. Begitupun nama-nama tersangka dalam kasus ini belum disampaikan secara rinci.

Ali Fikri berjanji, KPK akan mengumumkan nama tersangka serta konstruksi perkara saat proses penangkapan atau penahanan nanti.

Dia berharap, selama proses penyidikan perkara ini berlangsung, masyarakat turut serta memantau dan mengawasi. Dia pun menjamin, KPK akan selalu menyampaikan setiap perkembangannya kepada publik sebagai wujud transparansi kinerja KPK.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: