banner 468x60 banner 468x60

Pemkab Kayong Utara Apresiasi Festival Kampung Magrove untuk Menjadi Media Komunikasi

  • Bagikan
Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara,  Ronny Iswandy mewakili Bupati Kayong Utara Membuka Festival Kampung Mangrove Pulau Maya di Aula Nirmala, Rabu (13/10/2021). (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengapresiasi Festival Kampung Mangrove Pulau Maya di Aula Nirmala, Rabu (13/10/2021). Apresiasi ini disampaikan oleh Bupati Kayong Utara Citra Duani melalui Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara,  Ronny Iswandy.

Menurut Ronny Iswandy, dukungan pendanaan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini sebagai media komunikasi para tokoh budaya dan tokoh adat, serta masyarakat Pulau Maya untuk terus melestarikan nilai-nilai budaya lokal dan mengembang wisata budaya.

“Pengembangan seni dan budaya daerah menjadi tanggungjawab bersama. Pelestarian budaya juga dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi pendukung destinasi pariwisata khusus budaya berbasis lingkungan,” ungkap Ronny Iswandy saat membacakan sambutan Bupati Citra Duani pada pembukaan Festival Kampung Mangrove.

Ronny mengatakan hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di muara sungai, daerah pasang surut atau tepi laut. Tumbuhan mangrove yang bersifat unik ini karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut.

“Daerah pulau maya sendiri merupakan daerah kepulauan berbatasan dengan laut serta ditumbuhi oleh hutan mangrove di sekelilingnya. sehingga sangat tepat dilaksanakan kegiatan ini,” tuturnya.

Selain itu, sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Budaya, mengamanatkan penyusunan strategi kebudayaan nasional harus berangkat dari masyarakat, yang kemudian disusun dalam pokok–pokok pikiran kebudayaan.

“Harapan saya seni dan budaya harus kita jaga, lestarikan dan diperkenalkan , di lingkungan pelajar, mahasiswa dan masyarakat sehingga menjadi ajang kontes dalam salah satu acara populer di daerah kita, seperti acara Festival Kampung Mangrove ini,” katanya. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: