banner 468x60

Antisipasi Karhutla, BPBD Kayong Utara Gencar Sosialisasi ke Masyarakat

  • Bagikan
ilustrasi kebakaran. (GRUP PONTIANAK SIAGA)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com  – Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kayong Utara Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara (KKU)  semakin gencar mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Kasi Pencegahan dan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kayong Utara (KKU) Parsono mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan langkah dan upaya, salah satunya terus mensosialisasikan kepada masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran, maupun membuka lahan dengan cara membakar

“Tentunya upaya-upaya pencegahan terkait Karhutla terus kita lakukan, baik melalui media sosial facebook BPBD Kabupaten Kayong Utaramaupun media sosial WhatsApp,” terang Parsono, Jumat (15/10/2021).

Ia menjelaskan, berdasarkan data BMKG terkait potensi kemudahan terjadinya Karhutla dari 12  sampai 18 Oktober 2021, diprediksi beberapa wilayah di Kalimantan Barat  berpotensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan dari tingkat aman hingga sangat mudah, dari beberapa kabupaten atau kota telah tampak beberapa titik panas.

“Menindaklanjuti adanya potensi kemudahan terjadinya Karhutla yang dikeluarkan oleh BMKG tersebut kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kayong Utara untuk tidak membuka lahan atau perkebunan dengan cara membakar, nantinya menyebabkan kebakaran tidak terkendali,” kata dia.

Ia menambahkan, jika warga melihat peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan dapat segera melapor kepada aparat desa setempat, saperti BPBD, Manggala Agni, TNI dan POLRI.

“Jika ada yang terbukti secara sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan akan diberi sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” imbuhnya.

Selain itu juga BPBD Kayong Utara mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kayong Utara untuk meningkatkan kesiapsiagaan terutama di daerah yang rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: