banner 468x60

Manajemen Talenta Wujudkan ASN Pontianak Berkualitas

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan usai membuka Sosialisasi Manajemen Talenta Mewujudkan ASN Berkualitas di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Jumat (15/10/2021). Ist
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan usai membuka Sosialisasi Manajemen Talenta Mewujudkan ASN Berkualitas di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Jumat (15/10/2021). Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Manajemen talenta merupakan bagian dari strategi upaya mewujudkan dan meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan mengatakan manajemen talenta berkaitan erat dengan mencari individu yang tepat dengan keterampilan serta talenta yang tepat untuk ditempatkan pada posisi yang tepat.

“Saya meyakini banyak ASN di Pemkot Pontianak yang memiliki kelebihan, baik secara skill maupun talenta masing-masing,” ujarnya usai membuka Sosialisasi Manajemen Talenta Mewujudkan ASN Berkualitas di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Jumat (15/10/2021).

Menurutnya, manajemen talenta jika dikolaborasikan dalam bentuk kerja tim akan menghasilkan suatu capaian kinerja yang baik. Manajemen talenta disebutnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Individu yang memiliki talenta diyakini dapat bekerja lebih cepat dan teliti.

Selain itu, juga dinilai mampu memberikan kontribusi terhadap inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh organisasi. Oleh sebab itu, talenta yang sudah ada pada setiap ASN perlu diasah, dikembangkan dan diberikan tambahan pengetahuan sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal.

“Dengan penerapan manajemen talenta ini kita dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi yang ada pada ASN Pemkot Pontianak,” ungkapnya.

Manajemen talenta berkaitan erat dengan pelaksanaan Sistem Merit. Sistem Merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan. Manajemen talenta ASN menjadi salah satu kriteria dari Sistem Merit.

“Dengan diterapkannya manajemen talenta, maka parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, mutasi jabatan, pendidikan dan pelatihan serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab,” pungkasnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: