banner 468x60

Kenali 4 Manfaat Pisang Mentah Bagi Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasi Buah Pisang. (pexels.com//802783/suara.com)
Ilustrasi Buah Pisang. (pexels.com//802783/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Siapa yang tidak tahu buah pisang? Ya, buah ini sering dikonsumsi oleh banyak orang karena dikenal nikmat dan kaya nutrisi. Buah pisang juga bisa diolah menjadi jus, salad buah, keripik, atau camilan seperti pisang goreng.

Meski jarang disadari, manfaat pisang mentah atau pisang yang masih hijau juga sudah dilirik masyarakat. Mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengontrol gula darah.

Selain itu, menurut Ahli Diet dari Zen Multispeciality Hospital Priya Palan, pisang hijau memiliki sumber energi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin, mineral, serta gula yang kaya akan serat.

Melansir Healthshots, dikutip Suara.com, ada empat manfaat dari pisang hijau ini. Berikut manfaat dan paparannya!

1. Meningkatkan kesehatan usus

Menurut Priya Palan, pisang hijau disebut dapat membantu menjaga bakteri agar usus tetap sehat. Sebab, buah ini mengandung sumber pati resisten, yaitu sejenis karbohidrat yang menolak pencernaan di usus kecil.

“Dan ini bertindak sebagai pertumbuhan mikroba yang ramah usus. Selain itu, pisang ini dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA), di mana ini penting untuk kesehatan pencernaan,” ungkap Palan.

2. Meningkatkan kesehatan hati

Seperti pisang matang lainnya, pisang hijau disebut bermanfaat untuk kesehatan jantung. Palan mengatakan, pisang hijau mengandung sumber potasium, di mana sumber ini dapat membantu meningkatkan kesehatan hati, serta mengontrol tekanan darah.

3. Menurunkan kolesterol

Menurut Palan, pisang hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengandung sumber serat yang tinggi, tak hanya menurunkan kolesterol saja, sumber ini dikatakan dapat membantu mengontrol gula darah bila dikonsumsi secara teratur.

4. Mencegah diabetes

Menurut Palan, pisang hijau dikatakan dapat mencegah penyakit diabetes, di mana pisang ini merupakan kategori makanan indeks glikemik (GI) yang rendah. Dengan glikemik yang rendah, pisang hijau disebut dapat membantu menjaga kadar gula darah.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: