banner 468x60

Jangan Salah, Ini Manfaat Mangga yang Baik untuk Kesehatan Kulit

  • Bagikan
Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock/suara.com)
Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock/suara.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Mangga termasuk salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah ini sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada mangga membantu mendukung produksi kolagen alami tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Dilansir dari Healthshots, yang dikutip Suara.com, ini dia deretan manfaat mangga untuk kesehatan kulit yang perlu Anda tahu.

1. Dapat mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari

Antioksidan alami dalam mangga berpotensi mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari dengan mengurangi oksidasi sel kulit.

Sebuah studi Korea tahun 2013 meneliti efek mangga pada kerusakan kulit akibat sinar matahari pada tikus tidak berbulu. Para peneliti memberi makan tikus dengan plasebo atau air dengan 100 miligram ekstrak mangga per kilogram berat badan setiap hari.

Para peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi air dengan ekstrak mangga memiliki kerutan yang lebih kecil dan lebih sedikit tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari.

2. Mendukung pembentukan kolagen

Mangga kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk produksi kolagen. Kolagen adalah protein paling umum di kulit yang memberi struktur pada kulit Anda.

Orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin C berpotensi mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai penyakit kudis. Banyak gejala penyakit kudis, seperti penyembuhan luka yang buruk dan kulit bersisik, disebabkan oleh produksi kolagen yang berkurang.

3. Dapat mengurangi jerawat

Mangga mengandung banyak vitamin A. Diperkirakan bahwa kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat dengan meningkatkan produksi protein keratin tubuh Anda. Produksi keratin yang berlebihan dapat menyebabkan folikel rambut tersumbat dan kelenjar keringat yang berkembang menjadi jerawat.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Vitamin C dan E bekerja sama untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan lingkungan. Kedua vitamin ini disimpan di sel kulit Anda. Saat kulit Anda terkena polusi atau sinar matahari, jumlah vitamin ini berkurang. Jika vitamin C dan E tidak diisi kembali, kulit Anda menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Vitamin C juga mendukung produksi kolagen tubuh Anda. Produksi kolagen yang berkurang menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Mangga dapat mengandung antara 1.000 hingga 6.000 IU vitamin A. Makanan tinggi vitamin A memiliki efek fotoprotektif, yang berarti membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

5. Mengurangi risiko kanker kulit dan kanker lainnya

Polifenol adalah bahan kimia yang secara alami disintesis oleh tumbuhan. Buah, biji, dan kulit mangga mengandung mangiferin tertinggi. Daun, batang, dan kulit tanaman mangga juga mengandung bahan kimia ini dengan kadar yang tinggi.

Ada beberapa bukti bahwa mangiferin dapat mengurangi risiko Anda terkena beberapa jenis kanker, termasuk kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker serviks. Meski begitu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami efeknya sepenuhnya.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: